Kucing anggora: ciri fisik, harga, dan cara merawatnya

Senin, 20 September 2021 | 09:12 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Kucing anggora: ciri fisik, harga, dan cara merawatnya


KUCING - Kucing anggora atau turkish cat adalah salah satu kucing peliharaan yang paling populer di dunia, termasuk Indonesia. Kata anggora sendiri berasal nama kota yang kini merupakan bagian dari Ankara, Turki. 

 

Ras kucing ini termasuk salah satu ras kucing yang tertua yang dipelihara manusia sejak ribuan tahun silam.

Dikutip dari laman Petfinder, meski bernama turkish cat atau kucing Turki, sejauh ini belum diketahui asal muasal kucing ini. Banyak kalangan yang menyebut kucing anggora berasal dari Asia Kecil, meski banyak pula yang meragukannya.

Pada tahun 1500-an, kucing anggora mulai dibawa para pelaut ke Eropa, dan pada akhir tahun 1700-an, banyak anak kucing anggora menyebar ke Amerika.

Baca Juga: Terapi Hewan Salah Satu Metode Terapi untuk Mengobati Autisme

Perilaku dan ciri fisik kucing anggora

Berbeda dengan kucing persia yang cenderung kalem, kucing anggora diketahui lebih aktif dan seringkali menikmati berbagai interaksi dengan pemiliknya.

Saking aktifnya, mereka akan menerkam apa saja yang dianggap menarik perhatian, baik secarik kertas, tali, hingga jari kaki manusia. Kucing anggora juga dikenal dengan kecakapannya dalam berenang. 

Dilansir dari Dailypaws, kucing anggora selama ini dikenal sebagai kucing cerdas. Mereka adalah kucing yang terbiasa hidup dengan ikatan kuat dengan pemiliknya. 

Mereka juga dengan senang hati menerima kucing atau anjing lain dan dengan mudah dan bersahabat. Meski dikenal sebagai kucing yang mudah bersosialisasi, kucing anggora juga tak menunjukan stres apabila ditinggal sendirian dalam waktu cukup lama. 

Sifat unik lain dari kucing anggora adalah mereka suka bertengger di tempat tinggi, memungkinkan mata mereka melihat lebih luas untuk mengawasi sekitarnya. 

Sementara secara fisik, banyak kucing anggora memiliki bulu putih atau perpaduan dengan warna lain. Meski begitu, banyak pula kucing anggora yang diketahui memiliki warna abu-abu, merah, coklat, dan hitam. 

Kepala kucing anggora relatif bulat dan kecil dengan daun telinga yang lebar. Mereka memiliki mata besar berbentuk kacang almond kelir kuning, hijau, atau biru. 

Baca Juga: Kenali Gangguan Sapartion Anxiety pada Anjing Peliharaan

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru