Kucing pun butuh vaksinasi, ini daftar vaksin buat kucing peliharaan

Rabu, 11 Agustus 2021 | 08:00 WIB Sumber: SehatQ
Kucing pun butuh vaksinasi, ini daftar vaksin buat kucing peliharaan


HEWAN PELIHARAAN - Ketika Anda memutuskan untuk memelihara kucing, menjaga kesehatan kucing tak hanya memberikan perhatian pada pola makannya saja, tetapi Anda juga memerlukan vaksin. Vaksin ini bermanfaat untuk mencegah kucing dari penyakit dan virus berbahaya, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh mereka.

Pemberian vaksin ini dapat diberikan ketika kucing masih anak-anak, yakni saat berusia 6-8 minggu hingga umurnya mencapai 16 minggu, kemudian melakukan imunisasi lanjutan (booster) satu tahun kemudian. Sementara itu, untuk kucing yang lebih tua, vaksinasi dapat dilakukan lebih jarang, yakni sekitar 1-3 tahun sekali.

Dilansir dari SehatQ, vaksin kucing dibagi menjadi dua jenis, yakni vaksin dasar dan vaksin tambahan. Vaksin dasar adalah vaksin yang harus diberikan ke semua kucing, sedangkan vaksin tambahan diberikan jika kucing memiliki risiko tertentu, misalnya faktor usia, lingkungan tempat tinggal, dan interaksi dengan kucing lain. Berikut ini ada jenis-jenis vaksin kucing dasar, yakni:

Baca Juga: 5 Ramuan herbal penurun asam urat tinggi yang bisa dibuat sendiri di rumah

Feline Panleukopenia (Feline Distempe)

Vaksin ini bertujuan untuk menangkal penyakit feline panleukopenia yang dapat menginfeksi kucing, Virus ini juga dikenal dengan istilah parvovirus atau infeksi enteritis kucing yang dapat menyebabkan gastroenteritis sehingga kucing dapat terkena penyakit kronis hingga meninggal dunia. Anak kucing sangat rentan dengan virus ini, maka pemberian vaksin dapat diberikan di usia 4-6 minggu.

Feline Herpes (FVH-1)

Virus ini dikenal juga sebagai feline rhinotracheitis yang menyebabkan gejala infeksi saluran pernapasan atas yang parah.  Gejala yang terjadi antara lain bersin, hidung tersumbat, berair, dan konjungtivitis. Vaksin ini bertujuan untuk melindungi kucing dari penyakit tersebut. Kucing akan mendapatkan vaksin ini pada usia 12 minggu.

Baca Juga: Curiga kucing Anda keracunan? Ini tanda-tandanya

Feline Calicivirus (FCV)

Feline Calicivirus mengandung sejumlah strain virus yang menyebabkan gangguan infeksi saluran pernapasan bagian atas, seperti bersin, ingus, dan ulserasi mulut. FCV ini juga dikaitkan dengan gingivitis atau stomatitis kronis, serta peradangan gusi dan gigi. Strain virus yang lebih parah juga dapat menyebabkan rambut rontok, pengerasan kulit, hepatitis, dan bahkan kematian.

Vaksin ini biasanya dikombinasikan dengan vaksin sebelumnya atau dapat diberikan ketika kucing telah berusia 16 minggu.

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru