Lagi hamil, gunakan 4 posisi hubungan intim yang aman bagi janin

Sabtu, 29 Agustus 2020 | 13:35 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Lagi hamil, gunakan 4 posisi hubungan intim yang aman bagi janin


KESEHATAN -  Bolehkah berhubungan intim saat hamil? Mungkin pertanyaan ini sering muncul di pasangan muda. Kebanyakan wanita merasa takut berhubungan intim karena sedang mengandung. Mereka takut hubungan seks bisa mempengaruhi kehamilan. 

Baca Juga: Waspadai 4 masalah psikologis yang bisa memicu impotensi

Sebenarnya berhubungan intim saat kehamilan dibolehkan. Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan RSUD Bung karno, dr Andy Wijaya, Sp.OG, M.Kes, melalui Kompas.com (14/06/20), berhubungan intim diperbolehkan asalkan kehamilan tidak memiliki resiko tinggi. 

Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan tentang keadaan kehamilan Anda. Selain keadaan kehamilan, umur kandungan juga wanita wanita enggan berhubungan intim. Keadaan perut yang membesar menjadi faktor berhubungan intim sedikit terganggu.

Agar hubungan seks tetap nyaman, ada beberapa posisi yang bisa dicoba. Berikut posisi seks yang aman saat hamil, dirangkum KONTAN.co.id dari Healthline dan The Bump.

  • Doggy style

Posisi berhubungan intim yang aman saat hamil adalah doggy style. Posisi ini bisa dilakukan saat kehamilan sudah memasuki trimester kedua atau ketiga. 

Karena perut sudah membesar, posisi doggy style bisa memudahkan Anda saat bercinta. Posisi ini juga tidak memberikan tekanan pada kandung kemih. 

  • Spooning

Spooning bisa menjadi pilihan posisi berhubungan intim saat hamil. Spooning atau menyendok aman bagi ibu hamil karena tidak memberikan tekanan. 

Posisi ini juga cukup nyaman karena dilakukan dengan berbaring. Pasangan akan memposisikan di belakang ibu hamil. Penetrasi akan dilakukan dari belakang. 

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru