Musik

Lagu BTS masuk top 10 chart Gaon 2019

Jumat, 10 Januari 2020 | 21:01 WIB   Reporter: Harris Hadinata
Lagu BTS masuk top 10 chart Gaon 2019

ILUSTRASI. BTS atau Bangtan Sonyeondan, juga dikenal sebagai Bangtan Boys, adalah sebuah boy band beranggotakan tujuh orang asal Korea Selatan yang dibentuk oleh Big Hit Entertainment.

KONTAN.CO.ID - BTS menjadi salah satu grup Kpop yang melejit sepanjang 2019 lalu. Meski begitu, ternyata lagu dari boyband ini bukanlah lagu paling laris di Korea Selatan sepanjang tahun lalu.

Ini terlihat dari data Gaon Music Chart 2019, yang dirilis Jumat (10/1). Menurut data Gaon Music Chart tersebut, lagu paling laris di Korea Selatan sepanjang 2019 lalu adalah lagu penyanyi asal Inggris, Anne-Marie, yang berjudul 2002. Lagu ini menempati urutan pertama dengan poin mencapai 1,05 miliar.

Poin tersebut dihitung dari akumulasi download, streaming, pembelian secara digital maupun pembelian lewat album. Lagu 2002 dari Anne-Marie tersebut juga menempati urutan pertama chart musik digital, chart musik download dan chart musik streaming.

Secara keseluruhan, lagu dari penyanyi Lim Jae Hyun berjudul Sarange Yeonseubi Isseottdamyeon, atau bahasa Inggris berjudul If There Was Practice In Love, menempati urutan kedua dengan poin 942,15 juta.

Di urutan ketiga dan keempat ada Paul Kim dengan lagu Modeun Nal, Modeun Sungan (Every Day, Every Moment) dan Kassy dengan lagu Geuddaega Johasseo (The Day Was Beautiful). Kedua lagu memperoleh poin di atas 900 juta.

Paul Kim juga menempatkan lagunya yang lain di top 10 chart, yakni Neoreul Manna (Me After You) di posisi ketujuh. Lagu ini mengumpulkan 880,77 juta poin.

BTS menempati urutan kelima dengan lagu Boy With Luv (feat Halsey). Lagu ini mengumpulkan 899,39 juta poin. Di chart musik download, lagu ini menempati peringkat empat. Sedang di chart musik digital, lagu ini juga menempati urutan lima.

BTS juga menempatkan dua lagu lain di top 50, yakni Spring Day dan IDOL. Kedua lagu tersebut menempati posisi 48 dan 49.

Penyanyi lain yang menempatkan lagunya di top 10 lagu terlaris adalah M.C the Max dengan After You've Gone, Chungha dengan Gotta Go, Taeyeon dengan Four Seasons dan JANNABI dengan For Lovers Who Hesitate.

Penyanyi asing lain yang masuk top 50 chart Gaon 2019 adalah Billie Eilish. Penyanyi asal Amerika Serikat ini menempatkan lagunya berjudul bad guy di urutan ke-14.

Selain itu, Naomi Scott sukses menempati peringkat 36 dengan lagu Speechless. Lagu soundtrack film Aladdin versi live action ini mengumpulkan 544,64 juta poin.


Editor: Harris Hadinata


Terbaru