Laptop/PC yang Spesifikasinya Tidak Didukung Windows 11 Dapat Opsi Upgrade, Kok Bisa?

Selasa, 14 Juni 2022 | 09:48 WIB Sumber: PCMag
Laptop/PC yang Spesifikasinya Tidak Didukung Windows 11 Dapat Opsi Upgrade, Kok Bisa?

ILUSTRASI. Laptop/PC yang Spesifikasinya Tidak Didukung Windows 11 Dapat Opsi Upgrade, Kok Bisa?


MICROSOFT - Laptop atau PC yang spesifikasinya tidak didukung Windows 11 tiba-tiba dapat opsi upgrade, kok bisa? Dikarenakan bug, pengguna Windows 10 dengan spesifikasi laptop atau PC yang tidak mendukung Windows 11 mendapatkan opsi upgrade.

Belum lama ini pengguna Windows 10 geger karena mendapatkan opsi upgrade Windows 11. Bukan apa-apa, mereka paham betul bahwa spesifikasi laptop atau PC yang digunakan memang tidak didukung untuk naik ke versi Windows 11.

Namun, hal yang kemudian timbul dan menjadi pertanyaan adalah mereka mendapatkan opsi upgrade ke Windows 11.

Mengutip dari PCMag (14/06), Neonwin (7/06) melaporkan bahwa beberapa pengguna Windows 10 memposting sebuah screenshot di mana mereka tiba-tiba mendapatkan opsi upgrade ke Windows 11.

Antara bingung harus upgrade atau tidak, mereka tahu betul bahwa laptop atau PC yang digunakan tidak memenuhi syarat spesifikasi perangkat keras Windows 11.

Seperti yang kita ketahui, Microsoft cukup ketat untuk menawarkan upgrade Windows 11 untuk laptop atau PC yang sesuai dengan spesifikasi yang telah diumumkan.

Baca Juga: Download Ark: Survival Evolved Gratis Permanen di Steam, Buruan Klaim Sekarang Juga

Windows 11 Preview

Selain tidak mendukung perangkat keras terdahulu, perangkat keras laptop atau PC juga wajib menggunakan modul TPM 2.0 supaya dapat menjalankan Windows 11.

Tidak heran, mungkin masih banyak di luar sana yang menggunakan perangkat laptop atau PC berbasis Windows 10 untuk keperluan mereka sehari-hari.

Terlepas dari semua itu, Microsoft kemudian angkat bicara terkait opsi upgrade Windows 11 yang muncul di PC atau laptop jadul dengan spek yang tidak didukung.

Baca Juga: Cars Fast as Lightning: Game Balapan Seru di HP, Apakah Masih Bisa Download Resmi?

Menurut Microsoft, itu merupakan bug yang tidak disengaja memicu munculnya tawaran upgrade Windows 11 versi 22H2 pada perangkat yang tidak didukung.

Bila pun pengguna melakukan upgrade ke Windows 11, kemungkinan akan muncul permasalahan setelah proses berlangsung.

Sejak bug tersebut muncul dan menjadi perbincangan khalayak umum di internet, Microsoft telah menghapus tawaran upgrade Windows 11 tersebut untuk user Windows Insiders.

Apakah Anda sebagai pengguna Windows 10 yang mungkin masih menggunakan laptop atau PC jadul mendapatkan opsi upgrade serupa belum lama ini?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru