Sport

Latihan kardio ternyata bisa bikin kita lebih jago bermain game

Sabtu, 08 Februari 2020 | 16:38 WIB Sumber: Kompas.com
Latihan kardio ternyata bisa bikin kita lebih jago bermain game

ILUSTRASI. Gamer di tingkat elit menghadapi tingkat stres yang mirip dengan atlet profesional

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bermain game memang tak tampak seperti aktivitas yang menuntut fisik. Namun, studi terbaru dari McGill University menunjukkan, saat pemain berolahraga sebelum bermain game, mereka akan bermain lebih baik.

Latihan selama 15 menit sudah cukup untuk meningkatkan performa saat bermain game, menurut studi. Sebagian besar peserta memperoleh manfaat dari olahraga, terlepas dari tingkat kebugaran atau perasaan mereka tentang olahraga.

Pada penelitian ini, 20 partisipan muda memainkan game komputer multiplayer League of Legends di dua hari yang terpisah. League of Legends adalah permainan strategi yang melibatkan kerja sama tim untuk mengalahkan musuh dengan berbagai senjata.

Baca Juga: Tekanan darah tinggi, apakah bisa turun dengan olahraga?

Satu hari, mereka menyelesaikan sesi singkat latihan kardiovaskular dengan intensitas tinggi sebelum bermain. Dan di hari lain, mereka beristirahat sebelum bermain.

Peneliti kemudian menilai performa mereka dan mengajukan pertanyaan kepada peserta terkait apa yang mereka rasakan selama olahraga. Performa saat bermain video game, yang didefinisikan dengan melenyapkan sejumlah target dalam permainan dan keakuratan serangan, secara keseluruhan lebih baik usai para peserta melakukan olahraga.

Alasannya, latihan atau olahraga singkat terbukti membantu meningkatkan fungsi otak kita. Secara khusus, olahraga dapat meningkatkan perhatian dan kecepatan pengambilan keputusan, kata Marc Roig, penulis studi dan profesor di McGill University, kepada CNBC Make It.

"Hal itu meningkatkan fungsi eksekutif, yaitu kapasitas kognitif yang memungkinkan kita membuat keputusan akurat dengan cepat, fokus pada informasi relevan, dan menyaring informasi yang berlebihan," kata Roig.

Baca Juga: Berapa lama waktu ideal dalam membentuk otot?

"Karena ini adalah jenis proses kognitif yang diperlukan sebagian besar video game, tidak mengejutkan jika jenis latihan ini meningkatkan performa saat bermain video game." Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan bagaimana aktivitas fisik dapat membantu untuk jenis video game lain yang membutuhkan skill atau melibatkan tugas yang berbeda.

"Namun temuan dari studi baru ini penting, karena temuan menyarankan agar olahraga dan video game tidak perlu dipandang sebagai kegiatan antagonis," ujar Roig.

Penggunaan video game dikaitkan dengan tingkat aktivitas fisik yang rendah dan kenaikan penggunaan layar. "Justru kelompok orang-orang ini, yang tidak berolahraga, yang harus kita perhatikan," tuturnya.

Baca Juga: Perhatikan metabolisme sebelum berolahraga untuk pangkas berat badan

Menurut survei Pew Research Center pada tahun 2018, sebanyak 72% pria dan 49% wanita berusia 18 - 29 tahun bermain video game. Studi lain menunjukkan, gamer di tingkat elit menghadapi tingkat stres yang mirip dengan atlet profesional. Artinya, pemain video game harus fokus menjaga kesehatan mereka. (Gading Perkasa)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Latihan Kardio 15 Menit Bikin Kita Lebih Jago Bermain Game.


Editor: Wahyu T.Rahmawati


Terbaru