CLOSE [X]

Legenda NBA Michael Jordan menyumbang US$ 100 juta untuk melawan rasisme

Sabtu, 06 Juni 2020 | 14:53 WIB Sumber: BolaSport
Legenda NBA Michael Jordan menyumbang US$ 100 juta untuk melawan rasisme

ILUSTRASI. Logo NBA. REUTERS/Jason Lee


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Legenda basket NBA Michael Jordan dan merek dagang miliknya, Jordan Brand, akan menyumbang dana uang tunai sebesar US$ 100 juta atau Rp 1,4 triliun untuk melawan isu rasisme. Dikutip BolaSport.com dari Eurosport, Michael Jordan bakal menggelontorkan donasi tersebut selama 10 tahun ke depan kepada organisasi yang memperjuangkan kesetaraan ras.

Pernyataan ini muncul menyusul gelombang aksi protes yang terus terjadi negara Amerika Serikat (AS) setelah George Floyd, seorang warga kulit hitam tanpa senjata, tewas di tangan polisi kulit putih di Minneapolis, Minnesota, 25 Mei 2020.

Baca Juga: Kompetisi basket NBA akan kembali bergulir 31 Juli 2020

Kasus kekerasan polisi terhadap George Floyd bukan yang pertama kali terjadi di kalangan warga keturunan Afro-Amerika di Negeri Paman Sam. Sebaliknya, kasus-kasus serupa sudah terjadi sejak lama dan bahkan hal ini diyakini telah menjadi sebuah sistem represif tersendiri terhadap warga keturunan Afro-Amerika.

"Kehidupan orang kulit hitam penting (Black lives matter). Ini bukan sebuah pernyataan kontroversial," demikian pernyataan Michael Jordan dan Jordan Brand.

"Sampai rasisme, yang mendarah daging, yang memungkinkan institusi negara kita (AS) mengalami kegagalan, sepenuhnya diberantas, kami akan tetap berkomitmen untuk melindungi dan meningkatkan kehidupan orang kulit hitam," tulis Jordan lagi.

Michael Jordan adalah salah satu pebasket Afro-Amerika paling sukses di NBA. Dia merupakan sosok ikonik di balik terbentuknya dinasti Chicago Bulls pada era 90-an. Sepanjang kariernya, Jordan berhasil mengantar Bulls menjadi juara NBA sebanyak 6 kali.

Baca Juga: Michael Jordan raih US$ 1,3 miliar dari kerjasama dengan Nike

Saat ini, selain mengembangkan bisnis apparel Jordan Brand-nya, pria berusia 57 tahun itu juga memiliki klub NBA, Charlotte Hornets. Sebelum mengeluarkan pernyataan terkait donasi fantastis dan berkelanjutan, Jordan lebih dulu merespons kematian George Floyd dengan ucapan "betul-betul terluka dan marah besar".

Artikel ini telah tayang di bolasport.com dengan judul "Legenda NBA Michael Jordan Sumbang Rp 1,4 Triliun untuk Lawan Rasisme"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru