Sport

Michael Jordan raih US$ 1,3 miliar dari kerjasama dengan Nike

Minggu, 24 Mei 2020 | 11:41 WIB Sumber: Forbes
Michael Jordan raih US$ 1,3 miliar dari kerjasama dengan Nike

ILUSTRASI. Air Jordan beri US$ 1,3 miliar bagi Michael Jordan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Fim dokumenter tentang Michael Jordan, The Last Dance, telah memikat masyarakat dunia. Tak hanya di Amerika Serikat (AS) tetapi juga di seluruh dunia, setia menyaksikan perjalanan legenda bola basket tersebut. 

Dari film dokumenter tersebut, kita bakal melihat dukungan Nike terhadap Jorban, baik secara finansial maupun pemasaran. 

Berdasarkan hitungan Forbes, raksasa pakaian olahraga ini telah membayar sekitar US$ 1,3 miliar kepada Jordan, sejak dia menandatangani perjanjian pertamanya di tahun 1984. Tak hanya kekayaan, Nike juga telah menjadikan Jordan sebagai ikon budaya.

Baca Juga: Edan, lelang sepatu Air Jordan tembus Rp 8,2 miliar

Nilai tersebut juga menjadikan kesepakatan perjanjian terbesar yang pernah dilakukan oleh seorang atlet. 

Tetapi perlu diingat, kerjasama antara Nike dan Jordan tak hanya menguntungkan sang legenda. Karena selama lebih dari tiga dekade, Jordan juga mengubah Nike menjadi salah satu brand paling berharga di dunia. 

Mungkin saat ini kita bisa melihat swoosh Nike, yang merupakan trendmark Nike ada di mana-mana. Tetapi hal tersebut tak terjadi pada pertengahan 1980 lalu. 

Kala itu, Adidas menguasai pasar, bahkan pendapatannya 50% lebih tinggi ketimbang Nike. Reebok pun yang baru muncul ke pasar perlengkapan olahraga berhasil melampaui pendapatan Nike pada 1987. 

Di NBA pun, Converse menjadi merek pilihan para bintang seperti Magic Johnson, Larry Bird dan Julius Erving. Bahkan, Jordan juga memakai sepatu Converse di University of North Carolina, dan pilihan pertamanya adalah bergabung dengan Adidas. 

Editor: Anna Suci Perwitasari


Terbaru