Liga Belanda musim 2019/2020 resmi berakhir, Ajax batal juara

Sabtu, 25 April 2020 | 09:03 WIB Sumber: BolaSport
Liga Belanda musim 2019/2020 resmi berakhir, Ajax batal juara

ILUSTRASI. Keadaan kota Amsterdam


SEPAK BOLA - JAKARTA. Liga Belanda, Eredivisie telah memutuskan bahwa musim 2019/2020 dihentikan. Berdasarkan laporan Telegraaf, induk sepak bola Belanda, KNVB telah memutuskan bahwa kompetisi Eredivisie dan Eerste Divisie (kasta kedua) musim 2019-2020 tak bisa diselesaikan akibat konsekuensi dari krisis pandemi virus corona atawa Covid-19.

Walau dihentikan, Ajax Amsterdam yang saat ini menjadi pemuncak klasemen tidak akan menjadi juara. Selain itu, untuk musim ini peraturan degradasi dan promosi juga ditiadakan.

ADO Den Haag dan RKC Waalwijk yang menghuni peringkat ke-17 dan 18 masih tetap berada di Eredivisie di musim depan.

Baca Juga: Liga sepak bola Korea Selatan, K-League bakal mulai bertanding pada 8 Mei, tapi...

Sementara itu, di kasta kedua, Cambuur yang punya keunggulan 11 poin di puncak klasemen tidak akan promosi ke Eredivisie.

Ini adalah kali pertama Eredivisie tanpa juara dan degradasi. Kejadian pertama sudah pernah terjadi pada musim 1944-1945 yang batal karena perang dunia kedua.

Liga Belanda juga menjadi liga kedua di Eropa yang mengumumkan musim 2019/2020 telah rampung terlebih dulu akibat dampak dari pandemi virus corona.

Sebelumnya Liga Belgia telah mengumumkan kompetisi telah berakhir. Namun bedanya, Dewan Liga Belgia memberikan gelar juara kepada tim yang saat ini berada di urutan teratas, Club Brugge.

Sementara itu, jajaran petinggi KNVB juga memutuskan bahwa posisi klasemen saat ini akan menentukan spot untuk kompetisi Eropa musim depan.

Baca Juga: Liga Spanyol diwacanakan digelar tanpa penonton sampai awal 2021

Ajax dan AZ Alkmaar yang berada di posisi pertama dan kedua bakal masuk ke Liga Champions. Sedangkan Feyenoord, PSV dan Willem II akan berlaga di Liga Europa.

Sebanyak 34 klub profesional telah diberi surat oleh KNVB pada Jumat (24/4) pagi waktu setempat. (Bagas Reza Murti)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Liga Belanda Resmi Tak Dilanjutkan, Ajax Batal Juara".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru