Liong 50 meter meriahkan Cap Go Meh 2016

Senin, 22 Februari 2016 | 19:31 WIB   Reporter: Fransiska Firlana
Liong 50 meter meriahkan Cap Go Meh 2016


BOGOR. Tak seperti biasanya, sepanjang Jalan Suryakencana, Bogor pada Senin siang (22/2) ramai dipadati pengunjung. Bukan untuk berbelanja namun mereka ingin menyaksikan Pesta Rakyat Bogor dalam rangka Perayaan Cap Go Meh 2016.

Acara tahunan ini dibalut dengan pertunjukan karnaval dari berbagai dari elemen kesenian. Misalnya seni barongsai, seni liong, kesenian dari Bali yang menampilkan Ogoh-ogoh, dan masih banyak lagi.

Karnaval kali ini bertema Ajang Budaya Pemersatu Bangsa. Karnaval akan dimulai dari Vihara Dhanagun dan akan diakhiri di daerah Batu Tulis.

"Cap Gomeh tahun ini diikuti oleh sekitar 50 kelompok kesenian dengan jumlah 10.000 pengisi acara, " ujar Arifin Himawan, Ketua Panitia Cap Gomeh 2016.

Sekalipun mendung menggantung dan hujan mulai turun semangat pengunjung yang datang dari sekitaran Bogor, Jawa Barat ini tetap antusias untuk menyaksikan karnaval. Dalam hitungan panitia Cap Go Meh tahun ini dihadiri oleh 100.000 pengunjung.

"Sebelum hadir ke acara saya sudah cek sekitar 10 hotel di sekitaran Kota Bogor, khususnya yang dekat dengan Istana Bogor dan semuanya penuh, " kata Bima Arya, Walikota Bogor.

Kendati hujan terus mengguyur, irama pengiring liong sepanjang 50 meter menebar semangat pada para penonton yang datang untuk tetap menyaksikan peserta karnaval. "Kalau hujan kala perayaan Cap Gomeh, ini keberkahan bagi kami. Moga ekonomi tahun ini lebih bagi," ujar Lilian, pengunjung dari Sukabumi, Jawa Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru