Sport

Liverpool raih pendapatan hak siar terbesar di musim 2018/2019

Sabtu, 18 Januari 2020 | 11:10 WIB   Reporter: Anna Suci Perwitasari
Liverpool raih pendapatan hak siar terbesar di musim 2018/2019

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Keberhasilan Liverpool menjadi juara Liga Champions musim 2018/2019 menempatkannya di urutan ketujuh klub dengan penghasilan tertinggi musim lalu. Walau begitu, Liverpool mencetak rekor pendapatan hak siar tertinggi dibandingkan semua klub yang ada.

Berdasarkan laporan 'Deloitte Football Money League 2020', pendapatan hal siar klub asal kota Liverpool ini mencapai € 299,2 juta. Kontribusi dari pendapatan hak siar ini bagi total pendapatan Liverpool mencapai 49%.

Asal tahu saja, total pendapatan Liverpool di musim 2018/2019 mencapai € 605 juta. Selain pendapatan dari hak siar, pendapatan komersial Liverpool sebesar € 210,9 juta atau setara 35% total pendapatannya. Sedangkan revenue dari penjualan tiket hanya € 94,5 juta.

Deloitte juga mencatat, pendapatan hak siar The Reds adalah yang tertinggi di Liga Inggris. Selain itu, Liverpool berhasil menambah pundi-pundinya di sektor ini lantaran berhasil menjadi jawara Champions League musim lalu.

Baca Juga: Depak Real Madrid, Barcelona jadi klub terkaya dunia

Keberhasilan ini diperkirakan bakal menambah pendapatan Liverpool di musim ini. Terlebih stadion Liverpool, Anfield Stadion, akhirnya dibuka untuk menyelenggarakan konser musim panas untuk kali pertama sejak 2008. Ini dilakukan guna mengembangkan daya tarik pengunjung di Anfield. 

Liverpool juga diprediksi dapat mengerek pendapatannya dari sisi komersial untuk beberapa tahun mendatang. Mengingat mulai musim depan, The Reds bakal menggandeng Nike. 

Kesepakatan baru tersebut menyediakan akses ke global jaringan distribusi yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan penjualan barang klub dan akhirnya mengerek pendapatan komersial Liverpool.

Editor: Anna Suci

Dukungan dari Anda akan menambah semangat kami dalam menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat seperti ini.

Jika berkenan, silakan manfaatkan fasilitas donasi berikut ini.

gopay


Terbaru