Makanan kucing persia, ada yang sebaiknya dihindari

Jumat, 21 Agustus 2020 | 11:57 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Makanan kucing persia, ada yang sebaiknya dihindari

ILUSTRASI. Makanan kucing persia perlu dipilih agar kesehatan dan keindahan bulu tetap terjaga. KONTAN/Muradi/2019/07/18


HEWAN PELIHARAAN - JAKARTA. Kucing Persia membutuhkan makanan yang cukup berbeda dari kucing lain pada umumnya. Makanan Kucing Persia dibutuhkan untuk mencegah penyakit dan tentu saja untuk menjaga keindahan bulunya. Jenis kucing ini membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang dari wet food dan dry food.

Persian Cat Corner (persiancatcorner.com) merekomendasikan wet food untuk makanan Kucing Persia di pagi dan malam hari. Sedangkan untuk jenis dry food bisa selalu Anda sediakan bersama dengan air bersih.

Baca Juga: Cara meningkatkan nafsu makan kucing yang mudah untuk dilakukan

Protein juga penting dimasukkan dalam makanan Kucing Persia. Beberapa sumber makanan yang mengandung protein adalah daging ayam, daging sapi, daging kalkun, ikan, dan lain sebagainya. Tentu saja masih banyak sumber makanan Kucing Persia yang lain. Namun, tak sedikit pula makanan yang sebaiknya dihindari.

Makanan Kucing Persia yang Sebaiknya Dihindari

Tidak semua jenis makanan baik dikonsumsi oleh Kucing Persia. Ada beberapa sumber makanan yang justru beracun. Sebaiknya, hindari makanan Kucing Persia yang berasal dari cokelat. Cokelat memiliki kandungan methylxanthines yang dapat menyebabkan muntah, diare, dan efek lainnya.

Makanan Kucing Persia juga tidak boleh mengandung kafein dan alkohol. Methylxanthines juga bisa ditemukan dalam kafein. Alkohol juga menyebabkan efek samping yang sama, seperti diare, kesulitan bernapas, hingga kematian.

Makanan Kucing Persia juga tidak boleh mengandung bawang merah ataupun bawang putih. Bahan-bahan tersebut akan merusak sel darah merah sehingga menyebabkan Kucing Persia anemia. Meski bawang merah atau bawang putih dikonsumsi dalam jumlah sedikit, efek sampingnya masih bisa terasa.

Makanan Kucing Persia yang Bisa Anda Coba

Selain berbagai jenis daging, makanan Kucing Persia juga bisa dari bahan lain. Ada beberapa bahan makanan yang direkomendasikan oleh Persian Cat Corner, seperti gandum, pisang, dan labu.

Baca Juga: Perhatikan gejalanya, begini cara mengobati kucing flu

Meski jarang disuakai, makanan Kucing Persia bagus untuk kesehatan tubuh kucing. Gandum memiliki kandungan vitamin B yang tinggi untuk sumber energi.
Selain itu, makanan Kucing Persia juga bisa Anda sediakan dalam bentuk pisang. Pisang memiliki kandungan nutrisi dan serat yang tinggi serta kaya akan potasium.

Labu jadi makanan Kucing Persia lain yang bisa Anda coba. Labu mempunyai sedikit kalori dan kandungan serat tinggi. Hal itu bisa mengatasi masalah pencernaan yang mungkin sedang dialami Kucing Persia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru