Komunitas & Hobi

Cara meningkatkan nafsu makan kucing yang mudah untuk dilakukan

Selasa, 11 Agustus 2020 | 10:30 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Cara meningkatkan nafsu makan kucing yang mudah untuk dilakukan

ILUSTRASI. Cara meningkatkan nafsu makan kucing perlu Anda lakukan agar kesehatannya tetap terjaga. KONTAN/Baihaki/26/5/2019

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Banyak orang yang merasa bingung kenapa kucing peliharaan menjadi tidak memiliki nafsu makan. Cara meningkatkan nafsu makan kucing pun dicari untuk mengatasi hal tersebut. Ada banyak hal yang sebenarnya bisa Anda lakukan, seperti mengubah atau memodifikasi menu.

Namun, sebelum mengetahu cara meningkatkan nafsu makan kucing, ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui penyebab nafsu makan menurun. Preventive Vet (preventivevet.com) menyebutkan ada banyak penyebab mengapa kucing menjadi tidak doyan makan.

Preventive Vet mengatakan bahwa menurunnya nafsu makan kucing bisa disebabkan karena penyakit atau jenis mangkuk makan yang dipakai kucing.

Baca Juga: 4 Jenis kucing persia ini bisa Anda pelihara, cermati ya

Dari sisi medis, nafsu makan kucing bisa menurun karena sakit gigi, inflamasi pada pankreas, sulit kencing, sembelit, sakit ginjal, infeksi saluran pernapasan, dan stres.Jika kucing Anda mengalami penurunan nafsu makan secara terus-menerus, maka Anda harus segera membawanya ke dokter hewan agar kondisinya tidak semakin parah.

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Kucing

Karena banyaknya faktor yang bisa menjadi penyebab menurunnya nafsu makan kucing, Preventive Vet memberikan cara meningkatkan nafsu makan kucing yang cukup mudah untuk dicoba.

Anda bisa coba memberikan makanan kaleng atau makanan basah. Semakin kuat dari aroma makanan akan semakin baik, seperti makanan kucing yang terbuat dari seafood.

Cara meningkatkan nafsu makan kucing selanjutnya bisa Anda lakukan dengan menambah air dari kaleng tuna atau air sup hangat dalam makanannya. Namun, pastikan air sup yang Anda masukkan tidak mengandung bawang merah atau bawang putih karena bisa bersifat racun untuk kucing.

Baca Juga: 7 akun Instagram yang penuh kucing lucu, penggemar wajib follow!

Menaburkan sedikit parutan keju pada makanan kucing juga bisa jadi cara meningkatkan nafsu makan kucing. Rasa asin keju bisa membuat kucing tertarik. Anda bisa mengganti parutan keju dengan ragi. Adanya vitamin B membuat ragi semakin tepat untuk dipilih.

Cara meningkatkan nafsu makan kucing yang sudah disebutkan bisa disebut sebagai penanggulangan darurat. Jika nafsu makan kucing tidak meningkat setelah satu hari, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter hewan agar mendapat penanganan yang tepat.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru