Makanan kucing terbaik sebaiknya tak mengandung 5 jenis makanan ini

Jumat, 09 Oktober 2020 | 12:35 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Makanan kucing terbaik sebaiknya tak mengandung 5 jenis makanan ini

ILUSTRASI. Makanan kucing perlu diperhatikan agar tak menimbulkan masalah kesehatan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat memelihara kucing, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah makanan kucing apa yang sebaiknya diberikan. Masih banyak orang yang berpikir bahwa kucing bisa mengonsumsi makanan yang dikonsumsi manusia. Padahal, beberapa makanan tak baik dikonsumsi oleh kucing.

Produk Olahan Susu

Makanan kucing sebaiknya tak mengandung produk olahan susu atau dairy product. Advantage Petcare mengatakan, banyak kucing yang tidak bisa mencerna laktosan dari susu. Jika Anda memberikan dairy product pada kucing, hal yang terjadi adalah kucing mengalami sakit perut atau diare.

Bila Anda memelihara anak kucing yang belum bisa mengonsumsi makanan lain dan tidak memiliki induk, sebaiknya berikan susu yang diformulasikan khusus. Jenis susu tersebut berisi nutrisi yang dibutuhkan anak kucing dan tidak menyebabkan sakit perut.

Cokelat

Sama seperti dairy product, sebaiknya jangan berikan cokelat pada kucing. Dalam cokelat, terdapat kandungan yang bisa menjadi racun untuk kucing, yaitu kafein dan theobromine.

Baca Juga: Apakah kucing aman makan nasi? Begini penjelasannya

Setelah makan cokelat, ada gejala keracunan yang dialami kucing. Beberapa gejala yang muncul adalah muntah, diare, suhu tubuh dan detak jantung meningkat. Gejala-gejala tersebut mampu membuat kucing gagal jantung hingga mengalami koma.

Makanan Anjing

Jika Anda memberikan makanan anjing pada kucing secara terus-menerus, maka kucing bisa mengalami malnutrisi. Advantage Petcare mengatakan, makanan anjing tak mengandung nutrisi yang harusnya ada dalam makanan kucing. Misalnya, vitamin A, taurine, dan asam arakidonat.

Saat kucing kekurangan vitamin A, bulu dan kulit menjadi bermasalah. Resiko kucing mengalami kebutaan di malam hari juga meningkat. Hal yang sama juga berlaku jika kucing kekurangan taurine. Sedangkan bila kekurangan asam arakidonat, ginjal kucing akan bermasalah.

Baca Juga: 5 Cara merawat Kucing Persia yang perlu dilakukan

Bawang Merah dan Bawang Putih

Makanan kucing sebaiknya tak mengandung bawang merah atau bawang putih.

Makanan kucing juga tidak boleh mengandung bawang merah dan bawang putih. Hal itu disebabkan karena bawang merah dan bawang putih bisa mengganggu sel darah merah kucing. Saat hal itu terjadi, kucing bisa mengalami anemia, mual, muntah, diare, dan sakit perut lainnya.

Roti

Advantage Petcare mengatakan, sebaiknya hindari memberikan roti sebagai makanan kucing. Roti bisa menumpuk dalam perut kucing sehingga dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Selain itu, roti juga tak mengandung nutrisi yang dibutuhkan kucing.

Selanjutnya: Makanan kucing Persia yang sebaiknya Anda pilih sebagai pemilik

Editor: Belladina Biananda


Terbaru