HOME

5 Cara merawat Kucing Persia yang perlu dilakukan

Sabtu, 19 September 2020 | 08:00 WIB   Reporter: Belladina Biananda
5 Cara merawat Kucing Persia yang perlu dilakukan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara merawat Kucing Persia cukup berbeda dibandingkan dengan cara merawat jenis kucing lainnya. Hal itu disebabkan karena jenis bulu dan kondisi lainnya. Jika tak dirawat dengan benar, ada beberapa masalah yang mungkin muncul.

Makanan Kucing Persia

Cara merawat Kucing Persia adalah dengan memperhatikan makanannya. Melansir dari Persian Cat Corner, lebih baik berikan makanan yang sama dengan makanan dari peternak Kucing Persia yang Anda miliki.

Agar lebih mudah, Anda bisa meminta sampel makanan Kucing Persia pada peternak. Jika Anda ingin mengganti makanan Kucing Persia dengan makanan lain, Anda bisa mencobanya secara bertahap. 

Cobalah untuk mencampur makanan yang biasanya dikonsumsi dengan makanan baru. Seiring berjalannya waktu, Kucing Persia akan terbiasa dengan makanan baru tersebut. Namun, perhatikan makanan yang Anda pilih agar tetap sehat dikonsumsi.

Baca Juga: Makanan kucing persia, ada yang sebaiknya dihindari

Air Minum Kucing Persia

Memperhatikan ketersediaan air minum adalah cara merawat Kucing Persia selanjutnya yang perlu dilakukan. Kucing Persia jantang yang tidak dikebiri membutuhkan air minum yang lebih banyak. Saat kekurangan cairan, kristal akan terbentuk dalam saluran kencing sehingga sulit dikeluarkan.

Letakkan air minum dalam wadah yang tak terbuat dari plastik. Cara merawat Kucing Persia ini dilakukan untuk mencegah munculnya sariawan atau alergi. Jika bulu Kucing Persia di bagian leher sering basah, cobalah untuk menggunakan wadah yang lebih kecil agar bulunya tetap kering.

Cara Memandikan Kucing Persia

Persian Cat Corner mengatakan bahwa cara memandikan Kucing Persia perlu dibiasakan. Cara memandikan Kucing Persia perlu dilakukan sebanyak satu kali dalam sebulan.

Pastikan untuk memandikan kucing sampai bersih karena sisa sabun bisa membuat kulit terbakar atau iritasi. Cara merawat Kucing Persia ini juga perlu dilakukan saat bulunya mulai kusut.

Baca Juga: Harga Kucing Persia mahal? Ini alasannya

Memotong Kuku Kucing Persia

Kuku Kucing Persia bagian depan perlu dipotong dua kali lebih sering daripada kuku bagian belakang. Beberapa Kucing Persia mungkin tak suka dengan kebiasaan ini. Setelah memotong satu kuku, beri jeda terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke bagian kuku yang lain.

Cara Merawat Mata Kucing Persia

Persian Cat Corner menyebutkan, mata Kucing Persia sering mengalami masalah karena bentuk wajahnya yang sangat rata. Cara mewarat mata Kucing Persia bisa Anda lakukan dengan mengusap matanya setiap hari menggunakan kain katun dan air hangat. Hal itu dilakukan agar tak ada partikel menumpuk yang menyebabkan sakit mata.

Selanjutnya: 4 Jenis kucing persia ini bisa Anda pelihara, cermati ya

Editor: Belladina Biananda


Terbaru