Malware Joker Kembali Muncul lewat Aplikasi Android ini, Kini Lenyap dari Play Store

Selasa, 21 Desember 2021 | 11:03 WIB Sumber: PCMag
Malware Joker Kembali Muncul lewat Aplikasi Android ini, Kini Lenyap dari Play Store

ILUSTRASI. Malware Joker Kembali Muncul lewat Aplikasi Android ini, Kini Lenyap dari Play Store


APLIKASI ANDROID - Malware Joker kembali muncul lewat aplikasi Android ini. Kabar baiknya, kini telah lenyap dari Google Play Store.

Tahukah Anda? Malware Joker kembali ditemukan oleh Pradeo, sebuah perusahaan di bidang keamanan mobile yang berbasis di Eropa. Pradeo menemukan sebuah aplikasi yang terinfeksi malware Joker telah diunduh lebih dari 500 ribu kali di Google Play Store.

Mengutip dari PCMag, Pradeo mengkategorikan Joker sebagai Fleeceware. Yang dimaksud Fleeceware adalah jenis aplikasi malware yang membuat korbannya berlangganan secara tersembunyi alias tanpa sepengetahuan.

Menurut Pradeo, malware Joker yang muncul di aplikasi Android baru-baru ini akan mensimulasikan klik dan mencegat SMS untuk berlangganan layanan premium berbayar yang tidak diinginkan tanpa sepengetahuan pengguna.

Dengan menggunakan kode yang lebih sedikit dan menyembunyikannya secara menyeluruh, Joker akan sulit dideteksi. Pradeo juga mengungkapkan bahwa dalam dua tahun terakhir, malware ditemukan bersembunyi di ratusan aplikasi.

Pradeo mengatakan bahwa aplikasi terinfeksi malware Joker yang ditemukan Pradeo bernama Color Message, ditemukan secara diam-diam membuat koneksi ke server Rusia. Kabar baiknya, sejak ditemikan saat itu, Google telah menghapusnya dari Play Store.

Aplikasi terinfeksi malware Joker bernama Color Message di Android

Baca Juga: Begini Penampakan MIUI 13, Dari Logo Hingga Fitur Baru Yang Diusungnya

Dalam sebuah screenshot yang diambil oleh Pradeo, aplikasi tersebut dideskripsikan membuat SMS menjadi lebih mudah, menyenangkan dan indah. Aplikasi Color SMS ini juga telah memiliki skor penilaian dengan perolehan bintang 4,1 meskipun banyak yang memberikan ulasan satu bintang.

Menurut Pradeo, Color Message dapat mengakses daftar kontak si korban dan mengirimnya melalui jaringan. Secara bersamaan, aplikasi tersebut secara otomatis juga berlangganan layanan berbayar yang tidak diinginkan tanpa sepengetahuan.

Saking sulitnya terdeteksi, aplikasi tersebut juga menyembunyikan ikon di layar smartphone setelah berhasil diinstal.

Pradeo menambahkan bahwa terdapat aplikasi yang terinfeksi malware Joker. Diantaranya telah diunduh antara 1.000 dan 100.000 kali sebelum dihapus dari Google Play. Beberapa aplikasi tersebut termasuk scan dokumen, aplikasi perpesanan, aplikasi wallpaper dan aplikasi yang bernama Safety AppLock.

Baca Juga: Duh! Bug WhatsApp di iPhone (iOS) Sebabkan Crash, Aplikasi Keluar Sendiri

Untuk menghindari ancaman seperti ini adalah dengan cara tidak download aplikasi yang sumbernya tidak diketahui. Pastikan Anda juga membaca lebih teliti tentang kegunaan, deskripsi aplikasi, ulasan, dan informasi penting lainnya saat mengunjungi halaman aplikasi di Play Store. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru