Mampu Melancarkan Pencernaan, Kenali 5 Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan Lainnya

Jumat, 27 Mei 2022 | 09:39 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Mampu Melancarkan Pencernaan, Kenali 5 Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan Lainnya

ILUSTRASI. Bengkuang.


KONTAN.CO.ID - Di Indonesia bengkuang dikenal sebagai salah satu jenis umbi yang kerap dijadikan bahan makanan, contohnya rujak. Namun, tahukah Anda bahwa mengkonsumsi bengkuang dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan?

Selain mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, bengkuang juga salah satu makanan yang sangat mudah didapatkan di pasaran.

Manfaat bengkuang berasal dari banyak kandungan nutrisi di dalamnya. Bengkuang juga mengandung banyak mineral dan berbagai gizi lain yang diperlukan oleh tubuh. 

Baca Juga: Kenaikan Isa Al Masih, Ini Daftar Hari Libur Naisional Tahun 2022 Lainnya

Melansir dari Healthline, terdapat beberapa manfaat bengkuang bagi kesehatan yang menarik untuk diketahui. 

Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat makanan dalam bengkuang bermanfaat untuk membantu meningkatkan sebagian besar tinja. Ini membantunya bergerak lebih lancar melalui saluran pencernaan Anda 

Selain itu, bengkuang mengandung sejenis serat yang disebut inulin. Dilansir Healthline, Studi menunjukkan bahwa inulin dapat meningkatkan frekuensi buang air besar hingga 31% pada mereka yang mengalami sembelit.

Bengkuang juga tinggi air, yang dapat membantu meringankan sembelit. Makanan dengan kandungan air yang tinggi seperti bengkuang juga dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan cairan harian. 

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Bengkuang memiliki banyak nutrisi yang menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Selain itu, bengkuang juga mengandung banyak serat makanan larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan mencegah empedu diserap kembali di usus, serta mencegah hati membuat lebih banyak kolesterol.

Baca Juga: 5 Obat Sinusitis Berbahan Alami yang Perlu Anda Ketahui, Catat!

Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat bengkuang selanjutnya adalah mampu mengurangi risiko kanker. Pasalnya, bengkuang mengandung antioksidan, vitamin C dan E, selenium dan beta-karoten yang dapat menetralkan radikal bebas penyebab kerusakan sel dan kanker.

Baik untuk Bakteri Usus 

Bengkuang mengandung inulin yang tinggi, yang merupakan serat prebiotik. Prebiotik adalah zat yang dapat digunakan oleh bakteri dalam tubuh Anda untuk menghasilkan berbagai manfaat kesehatan.

Mengkonsumsi bengkuang yang mengandung prebiotik mendorong pertumbuhan jenis bakteri yang dapat menurunkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan penyakit ginjal.

Baca Juga: Mampu Mencegah Kerusakan Saraf, Kenali 10 Manfaat Mengkonsumsi Selada Ini

Membantu Menurunkan Berat Badan

Bengkuang adalah makanan padat nutrisi, oleh karena itu sangat bermanfaat bagi kesehatan. Bengkuang juga mengandung nutrisi yang banyak tetapi jumlah kalori yang relatif rendah.

Artinya bengkuang kaya akan air dan serat yang membantu Anda kenyang alias sangat cocok untuk dijadikan menu diet menurunkan berat badan.

Selain itu, serat dalam bengkuang dapat membantu menjaga gula darah Anda tetap stabil. Serat memperlambat pencernaan, yang membantu mencegah kadar gula darah naik terlalu cepat setelah makan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru