Mampu Menurunkan Berat Badan, Simak 5 Manfaat Singkong Untuk Kesehatan

Rabu, 04 Mei 2022 | 11:42 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Mampu Menurunkan Berat Badan, Simak 5 Manfaat Singkong Untuk Kesehatan

ILUSTRASI. Manfaat singkong untuk kesehatan.


KESEHATAN - Singkong adalah satu umbi-umbian yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu, mengkonsumsi singkong juga dipercaya mampu membantu menurunkan berat badan.

Tak hanya itu singkong juga masih mempunyai berbagai manfaat lain. Hal tersebut dikarenakan singkong mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam singkong, contohnya seperti protein, natrium, kalium, vitamin C, zat besi, kalsium, magnesium dan masih banyak lagi.

Baca Juga: MP3 Juice, Download Lagu Musik YouTube Gratis Tinggal Tempel Link

Selain mengandung banyak manfaat dan kaya akan nutrisi, singkong juga mempunyai rasa yang lezat. Tak heran salah satu jenis umbi ini kerap dijadikan sebagai bahan berbagai jenis makanan seperti keripik, comro, misro, kue dan berbagai jenis makanan lainnya.

Melansir dari Very Well Fit, berikut beberapa manfaat mengkonsumsi singkong bagi kesehatan, di antaranya: 

Menurunkan Risiko Diabetes

Manfaat mengkonsumsi singkong yang pertama adalah mampu menurunkan risiko diabetes. Hal tersebut dikarenakan singkong mengandung flavonoid dan kaya akan serat yang mampu mengontrol kadar gula darah. 

Sehingga singkong kerap kali dijadikan makanan pokok bagi penderita diabetes untuk menggantikan nasi. 

Mempercepat Penyembuah Luka

Singkong merupakan tanaman yang kaya akan vitamin C. Perlu Anda ketahui, vitamin C adalah prekursor penting untuk kolagen, komponen struktural dalam jaringan kulit. 

Artinya, mendapatkan asupan vitamin C yang cukup dari makanan dapat mendukung kemampuan tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri alias mempercepat penyembuhan luka. 

Baca Juga: Tradisi Makan di Atas Daun Pisang, Ternyata Ada Manfaatnya Lo

Dapat Mencegah Malnutrisi

Seperti yang sudsh dikatakan di atas singkong mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Alhasil, mengkonsumsi singkong secara rutin dapat mencegah malnutrisi atau tubuh kekurangan nutrisi. Oleh karena itu tidak heran singkong kerap dijadikan makanan pokok di beberapa daerah.

Dapat Mengurangi Tekanan Darah

Seperti yang sudah disinggung di atas, mengkonsumsi singkong adalah salah satu cara untuk mengatasi tekanan darah tinggi. 

Kalium yang terkandung dalam singkong mampung menurunkan tingkat tekanan darah dan dapat membantu menyeimbangkan asupan natrium yang meningkatkan tekanan darah.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan, Apa Saja?

Menurunkan Berat Badan 

Meski mengandung banyak nutrisi, singkong termasuk makanan dengan kadar kalori rendah. Oleh karena itu, mengkonsumsi singkong secara teratur dapat membantu menurunkan berat badan dan sangat cocok untuk dimasukkan ke dalam daftar menu diet Anda.

Selain itu, Serat dalam singkong juga berdampak positif pada mikrobioma usus, meningkatkan perasaan kenyang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru