HOME

Manchester City menarik investasi US$ 500 juta dari Silver Lake

Rabu, 27 November 2019 | 15:01 WIB Sumber: Reuters
Manchester City menarik investasi US$ 500 juta dari Silver Lake

ILUSTRASI. Manchester City menarik investasi US$ US$ 500 juta dari Silver Lake

KONTAN.CO.ID - PARIS. Perusahaan ekuitas swasta Amerika Serikat (AS), Silver Lake telah setuju untuk menginvestasikan US$ 500 juta ke klub sepak bola Inggris, Manchester City. Silver Lake akan membeli lebih dari 10% City Football Group (CFG) yang dikendalikan oleh pengusaha Abu Dhabi pemilik Manchester City.

Klub-klub sepak bola top Eropa menarik banyak uang dari beberapa investor terkaya dunia selama dekade terakhir, hal ini tak lain karena oleh raga ini memiliki banyak penggemar di pasar yang menguntungkan seperti Asia, Amerika Serikat dan Timur Tengah. Portofolio properti klub juga sering dianggap sebagai aset yang menguntungkan.

Baca Juga: Manchester City raup rekor pendapatan US$ 693 juta

"Silver Lake adalah pemimpin global dalam investasi teknologi, dan kami senang dengan validasi yang diwakili oleh investasi mereka dalam CFG, dan peluang untuk pertumbuhan lebih lanjut yang dibawa oleh kemitraan mereka," kata Ketua Kelompok Sepakbola Kota Khaldoon Al Mubarak dalam sebuah pernyataan.

Abu Dhabi United Group, kendaraan investasi yang dimiliki oleh Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan, akan tetap menjadi pemegang saham mayoritas CFG dengan kepemilikan sekitar 77%.

Baca Juga: Hasil dan klasemen Liga Inggris, Manchester United tembus 10 besar

Man City bulan ini melaporkan pendapatan tertinggi 2018-1920 dari 535,2 juta pound (US$ 687 juta) dalam lima tahun berturut-turut dari profitabilitas.

Managing Director Silver Lake Egon Durban akan bergabung dengan dewan City Football Group. "Kami sangat senang berinvestasi di CFG, yang mendefinisikan ulang sepak bola secara global dan dalam melakukannya telah berhasil membangun platform global yang mengesankan dari klub sepak bola tenda di lima benua," kata Durban dalam sebuah pernyataan.


Editor: Yoyok


Terbaru