Mantap! Fitur Baru WhatsApp Bisa Mengunci Chat Tertentu, Orang Lain Nggak Bisa Buka

Rabu, 05 April 2023 | 10:31 WIB   Penulis: Arif Budianto
Mantap! Fitur Baru WhatsApp Bisa Mengunci Chat Tertentu, Orang Lain Nggak Bisa Buka

ILUSTRASI. Mantap! Fitur Baru WhatsApp Bisa Mengunci Chat Tertentu, Orang Lain Nggak Bisa Buka


WHATSAPP - Mantap! Fitur baru WhatsApp bisa mengunci chat atau obrolan tertentu, orang lain nggak bisa buka. Dengan kata lain, Anda bisa menyembunyikan chat atau obrolan kontak tertentu sesuai yang diinginkan dan menguncinya sehingga tida bisa dibuka oleh orang lain.

Privasi adalah salah satu hal yang penting bagi semua orang, terutama dalam penggunaan platform media sosial. Tentunya tidak sedikit pengguna media sosial yang menginginkan privasinya tetap aman meskipun mereka terhubung satu sama lain dengan orang-orang di luar sana karena kemudahan akses internet ini.

Bagi Anda yang aktif menggunakan WhatsApp, ada kabar gembira nih. Berkaitan dengan privasi, WhatsApp akan kedatangan fitur baru yang dapat mengunci sebuah chat atau obrolan tertentu dan dapat disembunyikan.

Fitur baru WhatsApp ini dinamakan Lock chat, di mana pengguna dapat mengunci sebuah chat atau obrolan kontak tertentu dan menyembunyikannya sehingga tidak bisa dilihat oleh orang lain yang mungkin membuka aplikasi WA di HP Anda.

Kehadiran fitur ini tentu saja menjadi jawaban bagi pengguna WhatsApp yang ingin chat atau obrolan penting dengan kontak tertentu tetap terjaga privasinya. Meskipun WhatsApp juga memiliki fitur Kunci sidik jari, di mana aplikasi tersebut hanya dapat dibuka setelah membuka menggunakan sidik jari atau fingerprint, rasa-rasanya itu masih belum cukup.

Ketika sudah dibuka menggunakan sidik jari, maka semua chat atau obrolan WA masih bisa dilihat oleh pengguna atau mungkin orang lain. Dengan hadirnya fitur Lock chat, setidaknya ada lapisan keamanan tambahan yang membuat privasi Anda di WhatsApp tetap terjaga.  

Baca Juga: Berikut Link Moon Phase, Penjelasan dan Cara Melihat Kecocokan dengan Tanggal Lahir

Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi chat atau obrolan WA Anda dibaca oleh orang lain ketika HP Anda mungkin tertinggal atau bahkan hilang di tempat lain. Semua foto, video dan media lainnya yang terdapat di dalam chat atau obrolan juga terkunci, bahkan tidak akan tersimpan di galeri jika mengaktifkan fitur tersebut.

Bagaimana cara kerja fitur Lock chat di WhatsApp ini? Pengguna yang mengaktifkan fitur tersebut, nantinya dapat menambahkan chat atau obrolan dengan kontak tertentu yang dirasa sangat privat.

Setelah menambahkan chat ke daftar locked chats, chat dari kontak tersebut tidak akan muncul di tampilan utama WhatsApp. Anda dapat membuka chat tersebut pada menu Lock chat setelah membukanya menggunakan fingerprint atau sidik jari maupun kode sandi.

Tidak ada cara lain untuk membuka chat tersebut selain menggunakan sidik jari atau kode sandi. Menarik, bukan? Anda dapat melihat penampakan screenshot fitur Lock chat WhatsApp seperti yang dibagikan oleh WABetainfo berikut ini.

Fitur WhatsApp Lock chat

Baca Juga: Fitur Baru Video Call Grup Bisa 8 Orang, Cek Link Download WhatsApp Desktop

Dilansir dari WABetainfo, fitur Lock chat di WhatsApp ini masih dalam tahap pengembangan. Namun, bagi Anda yang tertarik untuk menjajal fitur tersebut, sudah tersedia bagi pengguna Beta Android versi 2.23.8.2. 

Download WhatsApp versi Beta dengan fitur tersebut yang resmi hanya lewat Google Play Store. Pastikan Anda juga telah mengikuti program Beta agar bisa mengakses dan download versi yang dimaksud.

Bagaimana menurut Anda fitur WhatsApp yang satu ini? Apakah Anda bakal merasa lebih aman saat menggunakan WhatsApp dengan hadirnya fitur tersebut?

Pihak pengembang akan rilis pada update WhatsApp selanjutnya di masa yang akan datang, namun belum dikonfirmasi kapan waktunya akan tiba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru