Masak ikan air tawar dan ikan air laut hari ini? Ini 4 perbedaan mereka!

Kamis, 09 Juli 2020 | 05:41 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
 Masak ikan air tawar dan ikan air laut hari ini? Ini 4 perbedaan mereka!


RUMAH TANGGA - JAKARTA. Jika Anda hobi memasak, tentunya mengetahui perbedaan ikan air tawar dan ikan air laut menjadi ilmu dasar Anda. Dengan tahu perbedaan dua jenis ikan ini, Anda bisa mengolahnya dengan tepat. 

Meskipun sama, ada perbedaan ikan air tawar dan ikan air laut yang perlu Anda ketahui. Selain dari habitatnya, ada beberapa pembeda ikan air laut dan ikan air tawar, baik yang terlihat maupun tidak. Berikut adalah beberapa perbedaan ikan air tawar dan ikan air laut yang perlu Anda ingat. 

1. Struktur duri pada ikan

Karena berasal dari lingkungan yang berbeda, perbedaan ikan air tawar dan ikan air laut bisa dilihat pada durinya. Dilansir dari kreasisasa.com Ikan air tawar seperti lele, cenderung memiliki duri yang kecil. Berbeda dengan tongkol yang hidup di arus air yang kuat, duri ikan ini lebih besar dan kokoh. 

2. Nutrisi yang terkandung

Sudah menjadi rahasia umum jika ikan air laut memiliki kandungan nutrisi yang lebih daripada ikan air tawar. Omega 3 pada ikan tongkol, lebih banyak dibandingkan ikan lele. Namun, ada ikan air tawar yang juga memiliki kandungan omega 3 yang cukup tinggi, yaitu ikan patin. 

3. Rasa dan aroma

Perbedaan ikan air tawar dan ikan air laut selanjutnya ada pada aroma dan rasa. Ikan laut berbau lebih amis, sedangkan ikan air tawar terkadang memiliki aroma tanah. Saat diolah, ikan air tawar kadang memiliki rasa lumpur jika tidak diolah dengan tepat. Rasa gurih akan muncul saat ikan air laut diolah. 

4. Harga di pasaran

Harga tentunya menjadi salah satu perbedaan ikan air tawar dan ikan air laut. Biasanya ikan lele dibandrol dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan ikan tongkol. Hal ini disebabkan karena proses menangkap ikan air laut lebih sulit dan cukup berbahaya dibandingkan menangkap ikan air tawar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru