Edukasi

Tanpa ART, ini kebiasaan yang bisa menjaga rumah bersih dan rapi

Selasa, 07 Juli 2020 | 19:00 WIB   Reporter: Tiyas Widya Septiana
Tanpa ART, ini kebiasaan yang bisa menjaga rumah bersih dan rapi

ILUSTRASI. Tanpa ART, ini kebiasaan yang bisa menjaga rumah bersih dan rapi. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/aww.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rumah bersih dan rapi menjadi impian banyak keluarga. Sebagian dari mereka sengaja mempekerjakan asisten rumah tangga atau ART  untuk membantu menjaga rumah tetap bersih.

Tetapi, tidak semua keluarga mampu menyewa ART. Minimnya tenaga dan waktu membuat kebersihan rumah pun terbengkalai. Keadaan rumah yang tidak rapi dan kotor berpotensi membawa penyakit pada keluarga.

Meskipun tanpa ART, Anda tetap bisa, kok, menjaga rumah bersih dan rapi serta terhindar dari penyakit dengan kebiasaan berikut:

Baca Juga: Tinggalkan cairan pembersih kimia, ganti dengan 5 bahan ini yang ada di dapur

Langsung cuci piring dan alat masak

Mencuci adalah bagian yang paling dihindari saat memasak. Seringkali kegiatan ini ditunda dengan berbagai alasan.

Akibatnya, piring kotor menumpuk hingga berhari-hari. Pemandangan ini tentu membuat rumah bersih dan rapi hanya khayalan.

Untuk menyiasatinya, cuci piring dan berbagai peralatan memasak segera setelah memakainya. Dengan begitu, tidak akan ada tumpukan piring kotor di wastafel lagi. 

Baca Juga: Sebelum kalap belanja dengan cicilan tetap kartu kredit, simak dulu tips berikut ini

Simpan peralatan yang tidak Anda butuhkan

Tidak semua peralatan, baik memasak maupun yang lainnya, digunakan terus-menerus. Agar rumah bersih dan rapi, simpan peralatan yang tidak pernah Anda pakai di laci atau gudang.

Taruh barang-barang tersebut di kardus atau kotak plastik. Kemudian, tandai tiap kardus atau kotak agar mudah mencari kembali barang yang Anda inginkan.

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru