Kuliner

Cara menyimpan bahan makanan di kulkas agar awet selama pandemi

Rabu, 01 Juli 2020 | 10:19 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Cara menyimpan bahan makanan di kulkas agar awet selama pandemi

ILUSTRASI. Ilustrasi tips menyimpan makanan di kulkas. KONTAN/Muradi/31/07/2011

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Semakin tingginya risiko tertular Covid-19, memaksa masyarakat untuk memangkas kegiatan di luar, terutama di pasar. Imbasnya, kegiatan berbelanja dibatasi menjadi hanya seminggu sekali atau bahkan sebulan sekali.

Untuk menyiasatinya, banyak yang memilih berbelanja 'besar', sehingga bisa untuk disimpan dalam beberapa waktu ke depan.

Bagaimana cara menyimpan makanan tersebut agar tetap awet? Ada beberapa cara menyimpan bahan makanan di kulkas agar tetap awet selama pandemi ini. 

Tidak semua bahan makanan bisa Anda simpan di dalam kulkas dalam waktu yang lama. Ada beberapa jenis makanan yang justru “haram” untuk di simpan di lemari pendingin. Salah penyimpanan dan penanganan, malah akan membuat Anda rugi baik uang maupun waktu!

Baca Juga: Perhatikan enam hal ini untuk menjaga kesehatan pencernaan

Kenali karakter dan cara menyimpan makanan yang tepat agar awet dan tetap segar. Apa saja cara menyimpan bahan makanan di kulkas? Berikut adalah kiat-kiat yang bisa Anda coba di rumah.

  • Daging

Untuk menghindari terpapar bakteri, segera masukkan daging sapi dan unggas ke dalam kulkas setelah membeli. Tidak perlu mencuci daging tersebut terlebih dahulu, karena akan meningkatkan jumlah bakteri jika terkena air. 

Untuk seafood seperti ikan, kerang, dan cumi, simpan di tempat tertutup setelah dicuci bersih. Agar lebih cepat saat Anda mengolahnya, bumbui seafood dengan bumbu andalan Anda. Saat hendak memasak, Anda bisa langsung mengolahnya tanpa repot membuat bumbu lagi

Baca Juga: Benarkah telur cangkang cokelat lebih sehat dari telur putih? Ini penjelasannya

  • Umbi-umbian

Umbi-umbian terutama kentang, ubi, dan bawang, akan lebih tahan lama jika disimpan di luar lemari pendingin. Siapkan wadah yang cukup untuk masing-masing bahan makanan tersebut, dan simpan di tempat yang tidak terkena matahari langsung dan lembab. 

Jika Anda ingin lebih praktis saat memasak, kupas bawang lalu cuci bersih. Masukkan ke dalam wadah dan tutup rapat. Simpan bawang yang sudah dikupas tersebut ke kulkas. 

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru