Edukasi

Masih belum berpengalaman, ini 5 tips parenting yang penting orangtua ketahui

Rabu, 05 Agustus 2020 | 16:50 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Masih belum berpengalaman, ini 5 tips parenting yang penting orangtua ketahui

ILUSTRASI. Masih belum berpengalaman, ini 5 tips parenting yang penting orangtua ketahui.

KONTAN.CO.ID - Menjadi orang tua adalah impian setiap pasangan yang sudah menikah. Tapi, banyak orangtua baru yang belum paham tentang tips parenting yang baik.

Saat mengasuh buah hati, ada banyak hal yang baru muncul. Sebagai orangtua baru, mungkin Anda bingung harus melakukan apa. 

Mencari tahu tentang tips parenting yang tepat bisa sangat membantu Anda. Berikut tips parenting yang KONTAN.co.id rangkum dari WebMD, Happiest Baby, dan Money Crashers:

  • Jaga kesehatan Anda

Tips parenting yang pertama adalah selalu jaga kondisi tubuh Anda. Pastikan Anda selalu sehat dengan berbagai cara.

Menjadi orangtua baru tentunya menjadi pengalaman yang mengesankan. Hal yang pertama berubah adalah frekuensi tidur. Sering orangtua baru memiliki jam tidur yang berantakan setelah mendapatkan momongan. 

Baca Juga: Bisa dinikmati bersama, ini 3 film kartun yang mendidik untuk anak dan keluarga 

Tidur yang kurang bisa memengaruhi kesehatan Anda. Sebisa mungkin maintain durasi istirahat Anda dan pasangan. Bagi tugas mengasuh buah hati agar Anda dan pasangan mendapatkan istirahat cukup. 

Tips parenting ini berguna untuk menjaga tubuh tetap segar serta emosi tetap terjaga. Jangan lupa perhatikan asupan makanan Anda. Penuhi kebutuhan nutrisi dengan makan makanan sehat. 

Untuk sementara hindari makanan yang bisa menyebabkan Anda sakit. Olahraga juga tidak boleh terlewatkan. Sempatkan waktu untuk melakukan peregangan sederhana agar badan tetap bugar.

  • Jangan ragu meminta dan menerima bantuan 

Sebelum memiliki buah hati, mungkin Anda berkomitmen untuk mengurus segalanya sendiri. Saat si kecil sudah hadir sebaiknya Anda menurunkan sedikit idealisme Anda. 

Sebagai orang tua baru tentu Anda belum sepenuhnya paham tentang parenting yang baik. Jika ada yang ingin membantu, terimalah bantuan tersebut terlebih dari orang tua.

Baca Juga: Mulai tergerus zaman, ini permainan tradisional yang sarat nilai positif 

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru