Mau Beli Motor Baru? Simak 6 Kelebihan Motor Listrik yang Perlu Diketahui

Sabtu, 25 Mei 2024 | 14:00 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Mau Beli Motor Baru? Simak 6 Kelebihan Motor Listrik yang Perlu Diketahui

ILUSTRASI. Penjualan sepeda motor listrik di pusat perbelanjaan di Jakarta, Jumat (24/5/2024). Pemerintah, melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM menyiapkan dana sebesar US$ 455 juta untuk mensubsidi penjualan sepeda motor listrik. Subsidi itu meliputi penjualan 800 ribu sepeda motor listrik baru dan konversi 200 ribu sepeda motor bermesin pembakaran./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/24/05/2024.


MOTOR LISTRIK - Sebelum membeli motor baru ada beberapa kelebihan motor listrik yang sebaiknya Anda ketahui. Pasalnya, motor listrik memiliki kelebihan yang cukup menarik perhatian.

Dalam beberapa tahun terakhir, dunia telah menyaksikan perubahan besar dalam sektor transportasi, terutama dalam hal pergeseran dari kendaraan berbahan bakar fosil ke kendaraan ramah lingkungan. Salah satu inovasi paling menonjol adalah pengembangan motor listrik. 

Dengan pertumbuhan teknologi dan kesadaran akan dampak lingkungan, motor listrik telah menjadi pilihan yang menarik bagi banyak konsumen.

Baca Juga: Manfaat Bunga Mawar untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh, Ada 6 Khasiat

Melansir dari Top Speed, salah satu kelebihan motor listrik adalah dari segi desain, bahan bakar hingga teknologi atau fitur yang diberikan.

Berikut beberapa kelebihan motor listrik yang menarik diketahui:

1. Rendahnya Emisi Karbon

Motor listrik tidak menghasilkan emisi langsung saat digunakan. Ini berarti, jika listrik yang digunakan untuk mengisi daya berasal dari sumber energi terbarukan seperti tenaga surya atau angin, motor listrik dapat dianggap sebagai kendaraan nol emisi karbon. Dengan semakin banyaknya investasi dalam energi terbarukan, potensi untuk mengurangi jejak karbon transportasi menjadi semakin besar.

Baca Juga: 6 Cara Menurunkan Asam Urat Tinggi, Mulai Dari Diet Sehat Hingga Olahraga

2. Biaya Operasional yang Rendah

Meskipun biaya awal untuk membeli motor listrik mungkin lebih tinggi daripada motor konvensional, biaya operasionalnya jauh lebih rendah. Biaya untuk mengisi daya baterai jauh lebih murah daripada membeli bahan bakar konvensional seperti bensin atau solar. Selain itu, motor listrik memiliki lebih sedikit komponen yang bergerak, yang berarti biaya perawatan dan perbaikannya cenderung lebih rendah.

3. Fitur Motor Listrik

Motor listrik seringkali menawarkan teknologi yang lebih baik daripada motor konvensional dalam hal fitur-fitur yang diberikan. Ini karena fitur pada motor listrik biasanya tersedia dan bisa dikoneksikan dengan ponsel pintar untuk bisa mempermudah berbagai aktivitas.

4. Suara Halus

Satu keuntungan besar lainnya dari motor listrik adalah keheningannya saat beroperasi. Tidak adanya mesin pembakaran internal berarti tidak ada suara knalpot atau getaran mesin yang mengganggu. Ini bukan hanya membuat pengalaman berkendara lebih nyaman bagi pengemudi, tetapi juga mengurangi polusi suara di lingkungan perkotaan.

Baca Juga: Memasuki Libur Panjang, Ini 7 Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung yang Menarik

5. Ketersediaan Energi Alternatif

Salah satu keunggulan motor listrik adalah fleksibilitasnya dalam mengonsumsi sumber daya. Sementara motor berbahan bakar fosil terbatas pada minyak bumi atau gas alam, motor listrik dapat diisi daya dari berbagai sumber, termasuk listrik yang dihasilkan dari tenaga matahari, angin, air, atau nuklir. Ini membuka pintu bagi diversifikasi dan kemandirian energi.

Oleh sebab itu, motor listrik telah menjadi simbol masa depan dalam transportasi, menjanjikan mobilitas yang lebih bersih, lebih murah, dan lebih efisien. Dengan perkembangan teknologi yang terus berlanjut dan dukungan yang semakin besar dari pemerintah dan industri, motor listrik diharapkan akan terus memainkan peran penting dalam membangun masa depan mobilitas yang berkelanjutan.

Selanjutnya: Perankan Beragam Karakter, Ini 5 Tontonan Film dan Drakor Claudia Kim

Menarik Dibaca: Perankan Beragam Karakter, Ini 5 Tontonan Film dan Drakor Claudia Kim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru