Style

Maybank Marathon 2024 Siap Digelar dengan Sejumlah Pembaharuan

Sabtu, 24 Agustus 2024 | 14:35 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Maybank Marathon 2024 Siap Digelar dengan Sejumlah Pembaharuan

ILUSTRASI. Sejumlah peserta berlari saat mengikuti Maybank Marathon 2023 di Gianyar, Bali, Minggu (27/8/2023). Maybank Indonesia bakal menggelar lomba lari Elit, Road Race Maybank Marathon 2024 pada 25 Agustus 2024.


EVENT LARI - GIANYAR. PT Bank Maybank Indonesia Tbk (“Maybank Indonesia”) siap menggelar lomba lari Elite Label Road Race Maybank Marathon 2024 pada 25 Agustus 2024 dengan sejumlah pembaruan.

Presiden Direktur Maybank Indonesia, Steffano Ridwan mengatakan pada penyelenggaraan ke-13, Maybank Marathon kembali mempersembahkan milestones yang diwujudkan melalui aktivitas lari yang bertemakan ‘Discover a New You’, lokasi baru penyelenggaraan event dan memperkuat komitmen keberlanjutan sejalan dengan langkah strategis Grup Maybank, termasuk sejumlah inisiatif keberlanjutan yang melibatkan para pelari.

“Ajang Elite Road Race pertama dan satu-satunya di Indonesia, Maybank Marathon, senantiasa menjalankan fungsinya sebagai wadah bagi masyarakat maupun pegiat olahraga lari untuk menguji kemampuan diri serta merealisasikan prestasi terbaiknya. Hal ini sangat membutuhkan komitmen dan kegigihan pelari untuk bisa menapaki jenjang tahapan kategori lari yang diperlombakan di event kami,” jelas Steffano dalam keterangan pers yang diterima KONTAN, Sabtu (24/8).

Baca Juga: Kurangi Beban Bunga Bank, Dafam Property (DFAM) Lelang Aset

Pada Minggu pagi, Flag off pertama akan dilakukan pada pukul 04.30 WITA untuk kategori Marathon, flag off kedua akan dilakukan pada pukul 05.30 WITA untuk kategori Half Marathon, dan flag off ketiga untuk kategori 10K pada pukul 06.00 WITA.

Flag off selanjutnya ialah untuk kategori wheelchair (3K) pada pukul 06.10 WITA dan children sprint pukul 08.00 WITA.

Ada pun total hadiah yang akan diperebutkan sebesar Rp2,7 miliar untuk 86 pemenang, termasuk pemecah rekor.

Project Director Maybank Marathon, Widya Permana, mengatakan pihaknya sudah siap menggelar lomba dengan titik start & finish di Bali United Training Center, Gianyar.

“Kami sangat antusias untuk melangsungkan lomba Maybank Marathon di lokasi baru yang kiranya dapat menjadi pengalaman baru serta unik bagi seluruh peserta event kami tahun ini,” ungkapnya.

Maybank Marathon 2024 diikuti oleh 12.700 lebih peserta dari 57 negara di antaranya dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Jepang, Filipina, Australia, Amerika Serikat, dan dari negara-negara lainnya di Asia, Eropa serta Afrika.

Total peserta asing mencapai 12,7% dari keseluruhan peserta, atau 1 dari 8 peserta adalah warga negara asing.

Tahun ini, jumlah peserta kategori Marathon naik 17% menjadi 3.500 orang yang merupakan jumlah terbanyak di antara event lari lainnya di Indonesia untuk kategori tersebut.

Bagi Widya, selaras dengan tema ‘Discover a New You’, peningkatan ini membuktikan mulai banyaknya pegiat lari yang sudah naik ‘kelas’ untuk menyelesaikan tantangan sepanjang 42 kilometer sejatinya pada event yang memperlombakan kategori Marathon sebagai pilihan puncak.

Masih dalam semangat ‘Discover a New You’, Maybank Marathon 2024 menggelar lomba lari untuk 25 pelari Marathon undangan Maybank Indonesia (di luar undangan PASI) yang telah memenuhi kriteria sebagai ‘Maybank Marathon Indonesian Fast Runner 2024’ berdasarkan kualifikasi yang dicapai pada Maybank Marathon 2022 dan 2023.

Ada pun ke-25 pelari Marathon ini akan berlaga untuk memenuhi persyaratan waktu finish Boston Marathon pada Maybank Marathon 2024, yang kemudian berkesempatan mengikuti dan memenangi program undian #BaliBeatsBoston yang akan menentukan masing-masing 2 pelari Marathon pria dan wanita untuk diberangkatkan ke Boston Marathon 2025.

Dalam rangka membangun kesadaran masyarakat, terutama peserta Maybank Marathon 2024, untuk ikut berperan aktif mengurangi dampak penyelenggaraan event terhadap lingkungan dan komunitas di Bali, Maybank Indonesia mengimplementasikan 13 inisiatif keberlanjutan.

Inisiatif ini meliputi di antaranya, penanaman mangrove di Taman Arboretum Benoa, peresmian proyek pengelolaan sampah organik Ecovillage di Gianyar dan inisiatif lainnya yang bertumpu pada aspek Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola (LST) seperti, shoe donation & auctioning, penggunaan reusable silicon cup hingga penyediaan charging station bertenaga surya.

Selain itu, Maybank Marathon 2024 juga menghadirkan program Run For Charity yang memberikan pilihan bagi pelari Marathon untuk berlari sekaligus berdonasi.

Hingga digelarnya konferensi pers, nilai donasi yang telah berhasil dikumpulkan mencapai Rp438.534.148 dari 23 pelari Marathon Run For Charity yang akan disalurkan kepada resipien melalui mitra LSM Maybank Marathon 2024.

Berkaitan dengan pelaksanaan lomba, panitia Maybank Marathon 2024 mengerahkan tim pengamanan di sekitar rute yang terdiri dari sekitar 795 personil polisi dan sekitar 450 personil pecalang warga Gianyar.

Untuk fasilitas medis, panitia mengerahkan 900 marshall dan 265 paramedis, serta 39 unit ambulans yang terdiri dari 18 mobil ambulans, 18 sepeda motor ambulans dan dua mobil ambulans berstandar Instalasi Gawat Darurat.

“Faktor keamanan dan keselamatan seluruh peserta merupakan prioritas kami di dalam setiap penyelenggaraan Maybank Marathon. Selain tim pengamanan dan paramedis, kami juga mengerahkan 49 pacer yang telah dibekali keterampilan prosedur First Aid Emergency CPR (Cardiopulmonary Resuscitation) apabila terjadi kondisi darurat,” jelas Widya.

Layaknya event kelas World Marathon Majors, Maybank Marathon 2024 akan diikuti 12 atlet lari elit internasional (enam pria & enam wanita) dari Kenya dan Uganda, dan 10 atlet lari marathon nasional (lima pria & lima wanita

Race pack collection

Sejak Jumat (23/8), Maybank Indonesia melangsungkan race pack collection hingga Sabtu (24/8) yang dikemas dengan serangkaian acara hiburan, dan kegiatan promosi seperti Maybank Interactive Lounge, serta aktivitas edukasi keberlanjutan di Sustainability Pavilion.

Selain itu, tersedia juga sederet booth sponsor menawarkan berbagai produk, khususnya yang berkaitan dengan olahraga lari termasuk makanan dan minuman.

Baca Juga: Merger & Akuisisi Sektor Finansial Tetap Semarak

Selanjutnya: Frisian Flag Indonesia Gandeng Grab Food Berdayakan UMKM Pangan

Menarik Dibaca: Rekomendasi 5 Film Thriller Disturbing yang Punya Banyak Adegan Sadis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru