Melaju ke semifinal Piala Thomas, Indonesia akan berhadapan dengan Denmark sore nanti

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 06:52 WIB Sumber: Kompas.com
Melaju ke semifinal Piala Thomas, Indonesia akan berhadapan dengan Denmark sore nanti

ILUSTRASI. Duel Indonesia vs Denmark dalam rangkaian semifinal Piala Thomas akan berlangsung pada Sabtu (16/10) pukul 18.00 WIB.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tim bulu tangkis putra Indonesia melaju ke semifinal Piala Thomas 2020 setelah mengalahkan Malaysia pada perempat final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Jumat (15/10) malam WIB. Langkah tim Indonesia menuju semifinal Piala Thomas 2020 diiringi pencapaian gemilang.

Pada perempat final kontra Malaysia, tim Thomas Indonesia berhasil mengukir skor sempurna, 3-0. Ketiga poin untuk Indonesia disumbangkan oleh Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Anthony Sinisuka Ginting menjadi penyumbang poin pertama setelah dirinya berhasil mengalahkkan tunggal putra andalan Malaysia, Lee Zii Jia, lewat dua gim langsung. Keberhasilan Anthony Ginting kemudian diikuti oleh Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Marcus/Kevin menggandakan keunggulan Indonesia seusai menang atas pasangan yang belakangan menjadi momok mereka, Aaron Chia/Soh Wooi Yik. The Minions, julukan Marcus/Kevin, mengalahkan Aaron Chia/Soh Wooi Yik lewat drama rubber game berdurasi 64 menit.

Baca Juga: Apa bedanya Thomas Cup dan Uber Cup? Ini sejarah lengkapnya

Lalu, poin ketiga untuk Indonesia disumbangkan oleh Jonatan Christie yang berjuang keras menghadapi pebulu tangkis muda milik Malaysia, Ng Tze Yong. Sama seperti Marcus/Kevin, Jonatan Christie juga memastikan kemenangan lewat rubber game.

Bahkan, Jojo, sapaan akrab Jonatan Christie, berjuang lebih lama daripada Marcus/Kevin. Jojo butuh waktu 75 menit untuk menyudahi perlawanan Ng Tze Yong dan memastikan kemenangan Indonesia atas Malaysia.

Hasil sempurna ketika mengalahkan Malaysia membuat Indonesia mengukir pencapaian gemilang. Melansir Badminton Talk, Indonesia berhasil memetik kemenangan 3-0 di fase gugur Piala Thomas untuk kali pertama dalam 11 tahun terakhir.

Sebelum ini, Indonesia kali terakhir memetik kemenangan 3-0 di fase gugur Piala Thomas pada edisi 2010. Indonesia ketika itu meraih kemenangan 3-0 saat bertemu India di babak perempat final atau 8 besar. Adapun tiga poin kemenangan untuk Indonesia kala itu disumbangkan oleh Taufik Hidayat, Simon Santoso, dan Markis Kido/Hendra Setiawan.

Baca Juga: Menang 3-0 atas Malaysia, Jonatan Christie bawa Indonesia ke semifinal Piala Thomas

Kini, Anthony Ginting dkk berhasil membangkitkan pencapaian tersebut. Pencapaian gemilang itu pun menjadi modal apik bagi Indonesia yang akan melanjutkan perjuangan pada semifinal Piala Thomas 2020.

Pada semifinal Piala Thomas 2020, Indonesia bakal berhadapan dengan tuan rumah Denmark. Berdasarkan jadwal, duel Indonesia vs Denmark dalam rangkaian semifinal Piala Thomas akan berlangsung pada Sabtu (16/10) pukul 18.00 WIB.

Laga Indonesia vs Denmark digelar bersamaan dengan semifinal lain yang mempertemuan China dan Jepang. China lolos ke semifinal Piala Thomas 2020 setelah menang 3-0 atas Thailand. Sementara itu, Jepang lolos setelah mengalahkan Korea Selatan dengan skor 3-2.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Melaju ke Semifinal Piala Thomas, Langkah Indonesia Diiringi Capaian Gemilang.
Penulis: Benediktus Agya Pradipta
Editor: Ferril Dennys

Baca Juga: Peraih medali di Paralimpiade Tokyo 2020 dapat bonus, tertinggi Rp 5,5 miliar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru