Menarik! Tak Lama Lagi, Pesan WhatsApp yang Sudah Terkirim Bisa Diedit

Jumat, 21 Oktober 2022 | 08:18 WIB Sumber: Kompas.com
Menarik! Tak Lama Lagi, Pesan WhatsApp yang Sudah Terkirim Bisa Diedit

ILUSTRASI. WhatsApp saat ini sedang melakukan pengujian cara baru untuk mengedit pesan yang sudah terkirim melalui fitur edit pesan. REUTERS/Dado Ruvic


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. WhatsApp saat ini sedang melakukan pengujian cara baru untuk mengedit pesan yang sudah terkirim melalui fitur "edit pesan". 

Fitur ini mirip dengan yang dipakai oleh aplikasi perpesanan Telegram di mana pengguna bisa mengedit pesan yang telanjur terkirim. 

Dengan adanya fitur ini, maka pengguna bisa memperbaiki atau mengubah chat atau pesan yang telah Anda kirimkan ke orang lain. 
Seperti apa fitur baru WhatsApp ini? 

Dikutip dari WABetaInfo, Senin (17/10/2022), ada perbedaan antara pesan yang mengalami editing atau suntingan dengan yang tidak. Untuk pesan yang diedit, maka akan ada label "diedit" atau "edited" pada balon chat atau teks yang diganti. 

Namun, tampaknya tidak ada cara bagi pengguna untuk memeriksa versi pesan sebelumnya. 

Menurut mereka, fitur yang tengah dikembangkan ini adalah informasi menarik bagi pengguna WhatsApp. Di sisi lain, laporan WAbetaInfo menunjukkan bahwa WhatsApp akan memberi pengguna waktu sekitar 15 menit untuk mengedit pesan setelah mengirimnya. 

Baca Juga: Cara Logout WhatsApp Web Tanpa Harus Menyalakan Laptop atau Komputer

Bahkan dalam hal pesan yang diedit, tidak ada konfirmasi bahwa pesan tersebut akan diedit. Jika penerima pesan tidak menghidupkan perangkatnya atau offline selama sekitar satu hari atau lebih, pesan tersebut mungkin tidak akan diedit. 

Hal serupa terjadi ketika pengguna menghapus pesan secara permanen untuk semua orang. 

Dikutip dari Business Today, Jumat (14/10/2022), fitur baru yang diedit tampaknya seperti opsi alternatif untuk fitur "hapus pesan". 

Saat ini, pengguna memiliki waktu sekitar dua hari untuk menghapus teks setelah mengirim. Namun, tidak ada jaminan bahwa pesan tersebut akan dihapus. 

Baca Juga: Inilah 5 Fitur WhatsApp Terbaru Oktober 2022, Apa Saja?

Masih uji coba 

Lantaran masih dalam pengujian dan pengembangan, maka penguji beta WhatsApp tidak akan memiliki akses ke fitur tersebut untuk saat ini. Perusahaan WhatsApp juga belum mengumumkan tanggal rilis untuk fitur "edit pesan". 

Kemungkinan pihak WhatsApp baru akan meluncurkan ke pengujian beta saat semakin dekat dengan peluncuran resmi. 

Artinya, pengguna WhatsApp beta bisa merasakan terlebih dulu fitur "edit pesan". Namun, Anda juga bisa memastikan untuk memakai fitur baru dengan terus memperbarui atau update aplikasi. 

"Saat ini, kami tidak memiliki tanggal pasti untuk peluncuran fungsi pengeditan pesan WhatsApp," ujar pihak WABetaInfo, dikutip dari 24newsHD TV, Minggu (16/10/2022). 

"Seperti biasa, perlu waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk diluncurkan. Seperti halnya fitur yang sedang diuji baru-baru ini."

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "WhatsApp Uji Coba Fitur Baru, Bisa Edit Pesan yang Sudah Terkirim"
Penulis : Retia Kartika Dewi
Editor : Rendika Ferri Kurniawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru