Mengapa air laut asin? Ini penjelasan asal-usul rasa asin di air laut

Senin, 14 September 2020 | 15:13 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Mengapa air laut asin? Ini penjelasan asal-usul rasa asin di air laut


EDUKASI -  Saat sedang berenang di laut, terkadang air tersebut tertelan. Rasa asin langsung terasa saat air laut tidak sengaja tertelan. 

Sering kita dengar tentang tebak-tebakan kenapa air laut asin. Anda mungkin penasaran, mengapa air laut bisa asin. Bagaimana caranya menggarami lautan yang sangat luas tersebut?

Banyak teori yang menjelaskan mengapa air laut bisa asin. Mulai dari mitos-mitos hingga teori ilmiah menjelaskan alasan mengapa air laut terasa asin. Yang paling sering didengar adalah karena urine dari ikan. 

Anak-anak biasanya percaya dengan pernyataan ini. Tapi apakah pernyataan asin dari air lau berasal dari urine ikan memang benar?

Baca juga: Inilah 11 buah-buahan penurun berat badan, pas dikonsumsi jika sedang diet karbo 

Kenyataannya air laut asin bukanlah dari urine ikan. Ada penjelasan kenapa air laut asin secara ilmiah untuk menjawab misteri rasa asin di air laut.

Mengandung mineral

Bersumber dari National History Museum, air laut asin karena mengandung banyak mineral. Mineral ini didapat dari bebatuan yang ada di daratan. Bagaimana mineral tersebut bisa sampai di laut?

Karbon dioksida di udara menyatu dengan air hujan. Campuran ini membuat air hujan menjadi sedikit asam. Air hujan yang asam ini kemudian memecah mineral dan ion pada bebatuan. 

Baca Juga: Agar tetap produktif selama gap year, yuk lakukan kegiatan ini

Mineral dan ion kemudian terbawa oleh air sungai menuju ke laut. Karena sudah berlangsung sangat lama, mineral dan ion terus menumpuk. Kandungan zat tersebut kemudian yang menyebabkan air laut asin.

Sumber lain yang menyebabkan air laut asin adalah cairan hidrotermal. Dikutip dari Lembaga Kelautan dan Atmosfer Nasional AS (NOAA), cairan ini berasal dari ventilasi di dasar laut. 

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru