Mengapa Planet Saturnus Memiliki Cincin? Yuk Cari Tahu Di Sini, Berikut Penjelasannya

Jumat, 25 Februari 2022 | 10:41 WIB   Penulis: Arif Budianto
Mengapa Planet Saturnus Memiliki Cincin? Yuk Cari Tahu Di Sini, Berikut Penjelasannya

ILUSTRASI. Mengapa Planet Saturnus Memiliki Cincin? Yuk Cari Tahu Di Sini, Berikut Penjelasannya


SPACE - Mengapa planet Saturnus memiliki cincin? Yuk cari tahui di sini, berikut penjelasannya. Saturnus merupakan salah satu planet mudah dipahami dengan cincin di bagian planet tersebut.

Meskipun bukan satu-satunya planet yang memiliki cincin, namun cincin yang dimiliki Saturnus terlihat lebih spektakuler dan rumit menurut NASA. Selain itu, Selain memiliki cincin, Saturnus juga merupakan planet terbesar ke-2 setelah Jupiter.

Sejatinya Saturnus adalah planet keenam dari Matahari. Nama Saturnus diambil dari mitologi Yunani yakni Dewa Kesejahteraan dan Agribudaya. Dalam mitologi Yunani, Saturnus merupakan ayah dari Jupiter.

Kembali lagi membahas tentang Saturnus, planet terbesar kedua di Tata Surya ini sebagian besar tersusun dari hidrogen dan helium. Menurut NASA, lingkungan Saturnus ini tidak kondusif untuk kehidupan. 

Suhu, tekanan, dan material yang menjadi ciri planet ini kemungkinan besar terlalu ekstrem dan mudah berubah, sehingga sulit bagi organisme untuk beradaptasi.

Baca Juga: Inilah 7 Benda Langit yang Berada di Tata Surya, Lengkap Dengan Penjelasannya

Seperti yang kita ketahui, cincin merupakan ciri khas dari planet Saturnus ini. Mungkin beberapa orang kerap kali bertanya, mengapa Saturnus memiliki cincin yang spektakuler ini?

Planet Saturnus

Lalu, cincin di planet Saturnus ini terbuat dari apa?

Baca Juga: Terungkap! Inilah Waktu Asteroid Hantam Bumi yang Bikin Dinosaurus Punah

Mari kita bahas satu per satu, mulai dari mengapa planet Saturnis ini memiliki cincin. 

Mengutip dari Universetoday, Saturnus telah mengumpulkan banyak sekali debu, partikel dan es pada jarak yang bervariasi dari permukannya. Material tersebut ini kemungkinan terperangkap oleh gravitasi. 

Beberapa ilmuwan berspekulasi bahwa Saturnus mungkin terlalu besar. Tarikan gravitasinya ini begitu kuat, sehingga mampu menarik puing-puing dari luar angkasa. Tarikan ini juga menjelaskan mengapa planet Saturnus ini memiliki banyak satelit alami.

Teori lain menyebutkan bahwa cincin Saturnus terbentuk ketika bulan-bulan lain pecah di zaman kuno.

Cincin pada planet Saturnus ini didominasi oleh kandungan dan sedikit senyawa tholin serta lapisan yang dihujani oleh sekitar 7% karbon tak berwujud. Partikel-partikel inilah yang membentuk cincin dengan ukuran yang bervariasi dari sekecil debu hingga 10 m.

Demikian penjelasan mengapa Saturnus memiliki cincin dan semoga menjawab rasa penasaran serta tanda tanya yang masih berputar-putar di kepala Anda.

Temukan informasi hingga konten menarik lainnya seputar astronomi di Kontan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru