Mengenal FOMO dari Pengertian, Gejala, dan Cara Menghindarinya

Selasa, 01 Februari 2022 | 11:38 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Mengenal FOMO dari Pengertian, Gejala, dan Cara Menghindarinya

ILUSTRASI. Mengenal FOMO dari Pengertian, Gejala, dan Cara Menghindarinya. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/foc.


KONTAN.CO.ID -Jakarta.  Anda pernah mendengar istilah FOMO? FOMO adalah singkatan dari Fears of Missing Out atau artinya ketakutan ketinggalan sesuatu. 

FOMO, bersumber dari Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud Ristek, adalah bentuk kecemasan yang muncul akibat takut ketinggalan sesuatu yang baru. 

Daftar Isi

Contoh dari ketakutan ini adalah takut ketinggalan berita baru, tren yang saat ini sedang booming, dan lain-lain. Akibatnya, orang yang menderita kecemasan ini selalu khawatir jika tidak mengetahui atau mengikuti suatu tren.

Jenis ketakutan ini bisa dipicu oleh penggunaan media sosial yang terlalu berlebihan karena hal-hal yang baru biasa dipopulerkan melalui media sosial.

Baca Juga: BUMN Bio Farma Buka Lowongan Kerja Besar-Besaran 2022, Simak Infonya Ini

Gejala FOMO

Orang yang memiliki ketakutan akan ketinggalan sesuatu biasanya menunjukkan gejala-gejala tertentu. Gejala FOMO yang biasa muncul diantaranya adalah:

1. Aktivitas dalam media sosial yang tinggi

2. Gaya hidup serba cepat

3. Selalu berkata "iya"

4. Tingkat kepuasan hidup yang rendah

5. Terlalu memikirkan opini orang lain

6. Selalu ingin diperhatikan

7. Merasa dikucilkan jika tertinggal dengan orang lain

Baca Juga: 15 Kampus Terbaik di Indonesia 2022 versi AD Scientific Index, Unair Nomor 1

Cara menghindari FOMO

Selalu merasa takut dan cemas jika tertinggal sesuatu yang baru atau FOMO tentu membuat tidak nyaman. 

Jika terus-menerus merasakan FOMO, kesehatan mental bisa terganggu. Jika kesehatan mental tidak stabil, bisa mempengaruhi kegiatan sehari-hari Anda.

Agar kesehatan mental bisa terjaga, berikut ini tips menghindari FOMO dari Ditjen Dikti Kemendikbud Ristek.

1. Fokus pada kelebihan diri dengan berteman pada orang yang dapat memberikan aura positif. Coba cari hal yang membuat gembira saat membuka media sosial. 

2. Mengurangi akses media sosial karena bisa memicu FOMO. Terkadang kecemasan ini muncul karena melihat kesuksesan orang lain di media sosial. 

3. Menikmati dan mensyukuri semua yang Anda miliki. Cara ini bisa membuat Anda lebih menghargai apa yang dimiliki tanpa membandingkannya dengan orang lain. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru