Mengenal kucing persia, jenis, dan ciri khasnya

Senin, 20 September 2021 | 09:10 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Mengenal kucing persia, jenis, dan ciri khasnya


KUCING - Kucing persia adalah salah satu jenis kucing yang paling populer di kalangan pecinta hewan di Indonesia. Jenis kucing persia di dunia sebenarnya cukup banyak. 

Dikutip dari laman Petmd, kucing persia adalah kucing peliharaan yang populer sejak ribuan tahun lalu. Kucing ini dicatat dalam aksara hieroglif yang ditulis pada tahun 1684 sebelum masehi.

Sesuai namanya, kucing ini berasal Mesopotamia, kawasan yang kini masuk dalam wilayah Irak dan Iran. 

Selain memiliki bulu panjang nan lembut, ciri fisik kucing persia adalah tubuh yang cenderung bulat, pendek, wajah mulus menggemaskan dengan hidung pesek, mata besar, dan daun telinga kecil.

Sementara dari sisi karakter, kucing persia relatif tenang dan tidak terlalu aktif. Mereka juga cenderung mudah lelah sehingga banyak menghabiskan waktunya dengan berdiam diri.

Baca Juga: 7 Jenis Hewan Peliharaan yang Mudah Dirawat

Perawatan kucing persia 

Kucing persia memiliki bulu yang lebat dan panjang, membuat pemilik kucing persia haruslah telaten untuk merawatnya agar tetap sehat bulu tetap berkilau. Bulunya yang panjang ini membuat kotoran mudah tersangkut. Paling sering, kotoran berasal dari pasir tempat kotoran yang menempel saat sang kucing buang air. 

Selain itu, lapisan bawah bulu kucing persia cenderung mudah kusut. Perawatan kebersihan kucing persia juga sebaiknya dilakukan setiap hari.

Hal lain yang membuat pemeliharannya merawat ekstra adalah pada area wajah. Kucing persia seringkali mengeluarkan cairan dari mata yang disebut lakrimal.

Cairan ini sering muncul di antara mata dan hidung dan kemudian mengeras pada lipatan wajah kucing. Air ini kemudian teroksidasi dan mengeras membuat wajah kucing tampak selalu kotor. 

Untuk para pecinta kucing persia, wajah datar pada kucing ini membuatnya seringkali kesulitan untuk makan pada mangkuk yang kecil dan sempit. Sehingga mereka memerlukan tempat makan yang dangkal dan longgar. 

Baca Juga: Jangan bingung, pilih dan hindari makanan Kucing Persia berikut

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru