Mengenal siklus menstruasi dan cara merawat tubuh untuk remaja perempuan

Rabu, 15 September 2021 | 14:32 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Mengenal siklus menstruasi dan cara merawat tubuh untuk remaja perempuan

ILUSTRASI. Mengenal siklus menstruasi dan cara merawat tubuh untuk remaja perempuan. Tribun Jateng/ Hermawan Handaka.

KONTAN.CO.ID - Remaja perempuan penting untuk mengetahui informasi tentang siklus menstruasi yang terjadi setiap bulan. Serta, cara merawat diri saat sedang datang bulan. 

Perempuan, bersumber dari Mayo Clinic, biasanya mendapatkan menstruasi atau datang bulan pertamanya pada umur 8-12 tahun.

Namun, ada beberapa yang mendapatkan menstruasi pertamanya lebih awal atau lebih lambat karena beberapa faktor.

Menstruasi merupakan tanda perempuan memasuki masa pubertas. Jika sudah mengalami menstruasi, berarti rahim sudah siap untuk menyambut kehamilan. 

Setiap bulan terjadi proses ovulasi yaitu pelepasan sel telur oleh ovarium. Pada masa ini sel telur siap untuk dibuahi sehingga menghasilkan kehamilan.

Namun, jika tidak terjadi pembuahan, maka lapisan rahim tersebut akan luruh dan keluar melalui vagina. Proses inilah yang disebut dengan menstruasi.

Baca Juga: Bilangan pecahan: Pengertian, jenis, dan operasi hitung bilangan pecahan

Siklus menstruasi

Siklus menstruasi tiap individu berbeda satu dengan yang lainnya. Perbedaan hormon hingga kondisi kesehatan menjadi faktor pembeda siklus menstruasi. 

Normalnya siklus ini dihitung dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama berikutnya. Menstruasi datang biasanya setiap 21-35 hari. Setiap orang memiliki durasi lama menstruasi yang berbeda, tapi normalnya selama 2-7 hari. 

Siklus menstruasi pada awal-awal bisa cukup panjang. Artinya, dari satu menstruasi ke menstruasi selanjutnya mungkin bisa lebih lama dari siklus normal. Tetapi seiring berjalannya waktu, siklus akan memendek dan lebih teratur. 

Sebelum menstruasi, beberapa orang akan merasakan kram atau sakit pada bagian perut bawah. Sakit sebelum menstruasi biasa disebut dengan kram menstruasi. 

Selain kram, ada beberapa gejala premenstrual syndrome atau PMS yang dirasakan perempuan seperti suasana hati yang berubah, sakit pada payudara, hingga mengidam makanan. 

Baca Juga: Lowongan kerja BUMN Virama Karya 2021 di banyak posisi, ini persyaratannya

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru