Mengenal Situ Gunung Suspension Bridge, jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara

Rabu, 14 Oktober 2020 | 12:27 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Mengenal Situ Gunung Suspension Bridge, jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara


WISATA - Situ Gunung Suspension Bridge merupakan jembatan gantung terpanjang di Indonesia dan juga Asia Tenggara. Jembatan gantung ini memiliki panjang 243 meter. 

Lokasi Situ Gunung Suspension Bridge ada di Desa Kadudampit, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. Jembatan ini membentang di atas kawasan konservasi Situ Gunung di Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP) yang bersuhu udara sejuk khas pegunungan. 

Dirangkum dari Indonesia.go.id dan laman resmi Situ Gunung Suspension Bridge, jembatan gantung tersebut berkonstruksi kabel baja dengan lantai dari kayu ulin asli Papua seberat 80 ton, dan membentang angkuh di ketinggian 161 meter. 

Kayu ulin digunakan untuk bahan lantai jembatan karena lebih tahan cuaca dan tidak mudah dimakan rayap. 

Baca Juga: Ridwan Kamil blusukan di Situ Cisanti, titik nol Sungai Citarum di akhir pekan

Dijadikan lokasi wisata

Jembatan Gantung Situ Gunung

Jembatan gantung Situ Gunung buka setiap hari mulai pukul 07.30 hingga 17.30 WIB. Tiket masuk yang dikenakan di areal wisata itu sebesar Rp 50.000 per orang atau Rp 25.000 untuk tiket khusus anak-anak di bawah usia 10 tahun dan lanjut usia.

Setiba di gerbang kawasan wisata itu, pengunjung masih harus menempuh perjalanan sejauh 600 meter untuk bisa mencapai jembatan yang fenomenal tersebut. 

Wisatawan yang ingin mencoba jembatan tersebut akan diminta memakai sabuk pengaman. Sabuk yang disematkan di pinggang pengunjung itu merupakan alat standar keselamatan yang disediakan pengelola Situ Gunung untuk dipakai jika tiba-tiba terjadi guncangan saat berada di tengah jembatan.

Jadi aturannya, saat guncangan terjadi, pengunjung yang sedang berada di atas jembatan dapat langsung mengaitkan sabuk ke ramp yang terdapat di sisi-sisi jembatan. Hal itu demi menjaga posisi pengunjung agar tetap seimbang saat berjalan.

Baca Juga: Swaspeda, bersepeda cita rasa vintage ramah dikantong asli buatan Yogyakarta

Petugas juga membatasi jumlah pengunjung yang berada di atas jembatan dalam waktu bersamaan. Paling banyak 40 orang, meski daya tampung jembatan adalah 55 ton.

Di sekitar jembatan tersebut terdapat sejumlah tempat wisata di antaranya air terjun Curug Sawer yang berasal dari aliran Sungai Cigunung.

Selain itu, ada pula Situ Gunung, sebuah danau alami seluas 120 hektare (ha) yang menjadi tujuan utama pengunjung. Letaknya sekitar 850 meter di atas permukaan laut (dpl). 

Di sekitarnya terdapat arena beremah seluas 5 ha dan kita cukup membayar tiket sebesar Rp 32.500 per orang.

Selanjutnya: ​ 5 sungai terpanjang di Indonesia, tak ada yang di Jawa

 

 


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru