Internet

Mengenal teknologi mesh, si pencegah blank spot jaringan wifi

Jumat, 18 Juni 2021 | 22:36 WIB   Reporter: Ahmad Febrian
Mengenal teknologi mesh, si pencegah blank spot jaringan wifi

ILUSTRASI. Siswa menggunakan fasilitas WiFi gratis saat mengikuti kegiatan pembelajaran jarak jauh Tribunnews/Jeprima

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Internet menjadi kebutuhan mutlak di saat pandemi. Terlebih di era work from home. Celakanya masalah jaringan internet acap menjadi kendala. 

Bukan cuma masalah jaringan operator, tapi ada kalanya terjadi area blank spot jika di seluler alias dead zone atau area yang tidak terjangkau oleh jaringan wifi. Nah teknologi mesh memungkinkan terjadinya interkoneksi yang makin kuat antara perangkat dan node.

Teknologi mesh merupakan inovasi dalam menciptakan jaringan yang luas dan stabil tanpa repot menambah perangkat lain. Teknologi mesh menggabungkan beberapa unit router membentuk satu jaringan terpadu.  Pengguna router berteknologi mesh tidak akan merasakan adanya putus sambung pada perangkat mereka  ketika berpidah ruangan atau lantai di rumah 

Setiap node mesh bertindak sebagai router-nya sendiri, atau biasa disebut dengan istilah seamless roaming.  “Bisa dikatakan teknologi mesh ini memberikan coverage atau jangkauan wifi yang lebih luas dan menghilangkan dead zones. Seamless roaming yang diciptakan memberikan kenyaman internetan tanpa jeda, pengguna dapat leluasa bergerak di dalam rumah dan tetap terkoneksi,” kata Marketing Manager TP-Link Indonesia Yoshia dalam rilis yang diterima Kontan.coid, Jumat (18/6).

Salah satu produk teknologi mesh adalah Mercusys Halo S3 dengan harga mulai dari Rp 300.000-an. Mercusys  Halo S3 menawarkan kecepatan wireless hingga 300 Mbps.

 

Editor: Ahmad Febrian
Terbaru