Mengetahui Letak Astronomis Indonesia, Pengaruhnya Terhadap Iklim & Perbedaan Waktu

Senin, 25 Juli 2022 | 13:05 WIB   Penulis: Arif Budianto
Mengetahui Letak Astronomis Indonesia, Pengaruhnya Terhadap Iklim & Perbedaan Waktu

ILUSTRASI. Mengetahui Letak Astronomis Indonesia, Pengaruhnya Terhadap Iklim & Perbedaan Waktu.


EDUKASI - Mengetahui letak astronomis Indonesia, ini pengaruhnya terhadap iklim dan perbedaan waktu.

Letak astronomis Indonesia memengaruhi iklim tropis di sepanjang Garis Khatulistiwa dan perbedaan waktu yang Anda kenal sebagai WIB, WITA, dan WIT.

Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia kaya akan pulau yang tersebar di berbagai penjuru. Mungkin beberapa orang sudah mengetahui letak Indonesia secara geografis.

Letak geografis Indonesia secara umum diapit oleh dua benua dan dua samudra. Lalu, bagaimana letak Indonesia secara astronomis?

Melansir website edukasi Jateng Pintar, ada letak astronomis dimana posisi Indonesia yang dipengaruhi oleh garis khayal Bumi. Adalah garis lintang dan bujur yang mengelilingi Bumi.

Dinamakan garis khayal karena sebenarnya Bumi tidak benar-benar memiliki garis pada permukaannya. Garis ini umumnya digunakan untuk ilmu astronomi.

Untuk mengetahui letak astronomis Indonesia, berikut beberapa informasi yang dapat Anda simak.

Baca Juga: Contoh Penerapan Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

Peta Indonesia

Letak Astronomis Indonesia

Sebelum mengetahui letak astronomis Indonesia, Anda harus mengetahui apa itu garis lintang (LS) dan garis bujur (BS). Berikut ini pengertian yang dapat Anda simak tentang garis bujur dan garis lintang:

Garis Lintang

Garis lintang membagi struktur Bumi menjadi 2 bagian yang sama besar, yakni bagian utara dan selatan.

Garis lintang sejajar dengan garis khayal khatulistiwa (equator) yang membentang hingga Kutub Selatan dan Kutub Utara. Nah, letak astronomis Indonesia berada pada titik 6o Lintang Utara (LU) sampai 11Lintang Selatan (LS).

Garis Bujur 

Pengertian garis bujur yaitu yang membelah Bumi secara horizontal, dari barat ke timur. Garis bujur juga disebut dengan garis meredien yang membatasi letak astronomis Indonesia antara 95Bujur Timur (BT) sampai 141Bujur Timur (BT)

Dengan demikian, letak astronomis Indonesia adalah 6LU - 11o LS dan 95BT - 141BT.

Apa pengaruhnya letak astronomis di wilayah Indonesia?

Baca Juga: Mengenal Galaksi Bima Sakti Milky Way, Asal Usul Namanya Diambil Dari Mitologi ini

Pengaruh letak astronomis Indonesia

Berdasarkan letak Indonesia secara astronomis, ada beberapa hal yang mempengaruhi sebagai berikut:

  • Berdasarkan letak astronomis Indonesia di sepanjang garis khatulistiwa, hal ini menyebabkan negara kita memiliki iklim tropis. Wilayah negara dengan iklim tropis akan mendapatkan sinar matahari yang merupakan pusat dari Tata Surya sepanjang waktu. Berbeda dengan iklim sub tropis yang memiliki 4 musim, begitu juga dengan daerah beriklim kutub.
  • Letak astronomis Indonesia juga mempengaruhi perbedaan waktu. Letak astronomis mempengaruhi perbedaan waktu yang ditetapkan mulai pada titik lintang dan bujur 0 derajat pada kota Greenwich Inggris. Indonesia dibagi menjadi 3 zona waktu, yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA) dan Waktu Indonesia Timur (WIT). Masing-masing zona waktu di Indonesia ini memiliki selisih 1 jam, dari WIB, WITA, dan WIT.

Demikian beberapa informasi yang dapat Anda ketahui terkait letak astronomis hingga pengaruhnya di wilayah Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru