Menko Marves Luhut Optimis Industri Olahraga Maju Lewat Ajang Jakarta Marathon 2023

Jumat, 15 September 2023 | 02:05 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Menko Marves Luhut Optimis Industri Olahraga Maju Lewat Ajang Jakarta Marathon 2023


JAKARTA MARATHON 2023 - Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) sekaligus Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan meyakini industri olahraga tanah air bisa maju seiring banyaknya penyelenggaraan ajang olahraga dilakukan dengan standar yang maksimal.

“Kalau mau olahraga maju dan bangsa sehat maka kita harus dorong penyelenggaraan seperti Jakarta Marathon,” ujar Luhut dalam konferensi Pers Jakarta Marathon 2023 di Jakarta Pusat, Kamis (14/9).

Sebelumnya, ajang olahraga Jakarta Marathon 2023 akan berlangsung pada 22 Oktober mendatang. Diselenggarakan di Plaza Utara Gelora Bung Karno, Jakarta Marathon 2023 akan menggelar lima kategori lomba yakni 5K, 10K, Marathon Half Marathon, dan Maratoonz 100, 200 dan 400 m. Jakarta Marathon 2023 sendiri ditargetkan menggaet 11.000 pendaftar.

Baca Juga: Pemerintah Diminta Berdaulat di Bidang Energi

Luhut menambahkan evaluasi dalam penyelenggaraan ajang olahraga seperti Jakarta Marathon harus terus dilakukan. Tak hanya itu, bagi Luhut kerjasama semua pihak baik pelatih, penyedia fasilitas, pihak sponsor dan media bisa menjadi kekuatan ajang olahraga terlaksana dengan standar internasional.

Terkait lingkungan saat acara berlangsung, Luhut meyakini kondisi cuaca akan bersahabat. "Seperti hari ini cuaca diperbaiki dan terlihat bagus. Kita tembakkan water spray ke udara dan cukup berhasil per hari ini. Hanya Bantar Gebang yang tidak bagus," tutur Luhut Binsar PGndjaitan.

Luhut pun ingin dengan upaya Pemerintah memperbaiki kondisi polusi udara yang tak baik, para pengendara motor ataupun mobil bisa menahan diri kala ajang Jakarta Marathon berlangsung. Pun halnya dengan aktivitas pabrik-pabrik dimana Luhut berharap pemilik pabrik bisa tidak membuat kondisi polusi semakin meningkat.

“Untuk itu saya berharap bulan November cuaca semakin membaik. Dan ajang Jakarta Marathon bisa dilakukan setiap tahun dengan standar internasional. Saya dengar juga sudah 2 ribu lebih yang mendaftar. Biarlah nanti sama dengan Bali. Bali kan sudah masuk internasional,” katanya.

Sebagai Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), Luhut juga akan mengajak pelari asal Kenya untuk memeriahkan Jakarta Marathon 2023. “Saya kenal ketua asosiasi atletik Kenya, mungkin kita ajak pelari mereka untuk lari di sini,” tambah Luhut lebih lanjut.

Baca Juga: Penghapusan Pajak Impor Mudahkan Produsen Baru Perkenalkan Mobil Listrik di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Jane Aprilyani

Terbaru