kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Menyibak keindahan pantai Malang yang masih tersembunyi


Sabtu, 05 Oktober 2019 / 11:29 WIB

Menyibak keindahan pantai Malang yang masih tersembunyi
ILUSTRASI. Pantai Anoman - Malang

KONTAN.CO.ID - MALANG. Malang memang tersohor sebagai daerah di kaki gunung yang berhawa sejuk. Tapi jangan salah. Bagi Anda yang menyukai wisata bahari, Malang memiliki banyak pantai indah yang masih tersembunyi. Pantai-pantai ini berderet di jalur lintas selatan (JLS) Kabupaten Malang. Jumlahnya mungkin mencapai puluhan.

Tak hanya mempesona, setiap pantai memiliki karakter berbeda. Ada yang menawarkan jalur tracking yang menantang, ombak besar, hingga pantai yang ramah anak. Nah, kali ini, Tim Jelajah Ekonomi Pariwisata Kontan berkesempatan menjelajahi tiga pantai eksotis di Malang: Pantai Balekambang, Pantai Ungapan, dan Pantai Batu Bekung.

Seperti apa? Berikut selayang pandangnya.

- Pantai Balekambang

Pantai Balekambang - Malang

Saat menjelajahi pantai di jalur lintas selatan Malang, Pantai Balekambang harus menjadi destinasi teratas yang wajib dikunjungi. Dengan mengendarai roda empat, Pantai Balekambang dapat ditempuh selama dua jam dari Kota Malang.

Pantai ini berlokasi di Dusun Sumber Jambe di Desa Srogonco, Kecamatan Bantur, Kota Malang. Untuk menuju ke sini, jalannya berkelok-kelok dan cukup berbahaya jika tidak hati-hati. Namun, pemandangan yang indah dan udara yang dingin cukup menyenangkan hati.

Saat Tim Jelajah Ekonomi Pariwisata Kontan tiba di Pantai Balekambang, mata kami dimanjakan dengan hamparan pasir putih berpadu dengan air jernih. Saking jernihnya air pantai, gradasi warna koral toska, hijaunya rumput laut, berpadu dengan birunya air laut membuat pemandangan alam di pantai ini sangat mempesona.

Sayang, pengunjung yang datang belum bisa menjaga kebersihan pantai. Di sejumlah sisi pantai, masih ditemukan banyak sampah berupa botol minuman dan kemasan makanan kecil.

Salah satu ikon utama pantai ini adalah berdirinya sebuah pura yang terletak di tengah laut. Pura ini bernama Ismoyo Jati yang dibangun oleh Bupati Malang Edi Slamet pada tahun 1985. Keberadaan tempat beribadah umat Hindu itu akan mengingatkan kita akan pantai di Bali. Tak heran, banyak yang menyebut pantai ini sebagai "Tanah Lot-nya Jawa Timur".  

Untuk menikmati keindahan alam pantai ini, wisatawan tak perlu merogoh kocek dalam. Dengan mengeluarkan uang Rp 10.000 untuk tiket masuk per orang dan Rp 15.000 untuk tiket masuk mobil, Anda sudah bisa menikmati keindahan alam Balekambang. Di sini, fasilitasnya sudah sangat lengkap mulai toilet, mushala, hingga pendopo tempat beristirahat.

Puas mengeksplore Balekambang, Anda bisa sekaligus mengunjungi pulau Anoman. Jaraknya tak jauh dari Pantai Balekambang dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Kendati demikian, Anda harus mengeluarkan uang lagi sebesar Rp 10.000 untuk tiket masuk.

Sama seperti halnya pura yang terletak di tengah laut, Pulau Anoman juga bisa Anda kunjungi karena dihubungi jembatan panjang. Sebenarnya, tidak ada yang istimewa di pulau ini. Namun, Anda bisa menemukan spot-spot cantik di atas bukit dan mengabadikan momen liburan Anda berlatar Pura Ismoyo Jati.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie, Dityasa H Forddanta, Jane Aprilyani
Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Video Pilihan

Tag

×