Meriahkan Harhubnas 2024, Kementerian Perhubungan Gelar Run Hub di Jakarta

Sabtu, 27 Juli 2024 | 10:48 WIB   Reporter: Francisca Bertha Vistika
Meriahkan Harhubnas 2024, Kementerian Perhubungan Gelar Run Hub di Jakarta

ILUSTRASI. Meriahkan Harhubnas 2024, Kementerian Perhubungan Gelar Run Hub di Jakarta.


EVENT LARI - JAKARTA. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menggandeng Harian Kompas untuk menggelar Run Hub. Kali ini, Run Hub berlangsung di Taman Mini, Jakarta, pada 22 September 2024.

Dalam peluncuran Run Hub 2024 pada Jumat (26/7) malam, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, ajang lari ini guna memacu pengembangan transportasi Indonesia sekaligus memeriahkan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2024.

Tahun ini, Run Hub mengusung tema Beyond Running. Tema ini untuk membangkitkan kesadaran masyarakat bahwa berlari bisa menghasilkan berbagai macam manfaat.

Mulai dari kesehatan, kebebasan berekspresi, dan masih banyak lagi. Kemenhub juga mengajak peserta untuk mewujudkan cita-cita transportasi cerdas sebagai solusi mobilitas yang berkelanjutan.

"Run Hub juga ingin mengajak seluruh pelari untuk bisa menuangkan kebebasan berekspresi, sifat inovatif, serta melihat sisi lain dari manfaat berlari, seperti berkumpul bersama, bersenang-senang, bertukar pikiran dengan teman pelari lainnya," ungkap Budi. 

Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas Adi Prinantyo menyebutkan, acara Run Hub selalu mengacu komitmen dari penyelenggara bersama stakeholder lainnya untuk menciptakan race yang nyaman, aman, kompetitif, juga seru untuk dilarikan. 

"Dan tentunya, dapat menikmati upaya Kemenhub dalam menciptakan transportasi cerdas bagi Indonesia," ujar Adi. 

Berkaca dari kesuksesan tahun sebelumnya, Run Hub 2024 kembali membuka dua kategori yakni 5K dan 10K yang dapat diikuti masyarakat umum. Peserta yang berhasil mencapai podium akan memenangkan total hadiah mencapai Rp 217 juta.

Baca Juga: Ini 8 Jenis Perlombaan Lari dari Fun Run hingga Maraton

Dorong transportasi dan infrastruktur

Selain Harian Kompas, perusahaan ternama lainnya yang juga bekerjasama dengan Kemenhub untuk menyukseskan Run Hub 2024 adalah Lion Group, PT Pelindo, serta PT Hutama Karya.

Lion Group meyakini, kegiatan ini membawa dampak positif dalam mewujudkan mimpi masyarakat Indonesia, yakni memiliki sarana transportasi yang efisien, aksesibel, dan ramah lingkungan.

"Sejalan dengan spirit Lion Group, We Make People Fly, yang selalu ingin untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk dapat menggapai dan mengekspresikan mimpi-mimpi mereka," kata Plt Direktur Lion Air Capt. Wamildan Tsani.

Selain itu, sesuai semangat untuk mendorong pengembangan transportasi di Indonesia, tidak bisa dipisahkan dari pentingnya pembangunan infrastruktur yang mendukung sistem transportasi efisien dan berkelanjutan.

Acara seperti Run Hub 2024 menjadi simbol penting dari sinergi antara semangat inovasi dalam transportasi dan kebutuhan mendesak untuk pembangunan infrastruktur yang lebih optimal.

Direktur Utama PT Hutama Karya Budi Harto beranggapan, investasi dalam infrastruktur yang berkualitas adalah kunci untuk memajukan transportasi dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Menurutnya, Run Hub 2024 adalah wadah yang ideal untuk mempromosikan semangat kolaborasi dan kemajuan dalam sektor ini.

Baca Juga: LPS Monas Half Marathon 2024, Buktikan Jakarta sebagai Kota Ramah bagi Pelari

"Sebagai ajang lari, Run Hub 2024 tentunya memiliki pengaruh yang luar biasa. Tak hanya bagi peserta dan penyelenggara, tetapi juga bangsa," sebutnya.

"Dukungan kami menjadi bukti dedikasi terhadap pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan dan inovatif, serta mendukung upaya untuk menghadirkan solusi transportasi yang lebih baik bagi seluruh Indonesia," imbuh dia.

Sistem transportasi yang terintegrasi dan berkelanjutan tidak hanya meningkatkan mobilitas manusia dan barang, tetapi juga membuka akses terhadap peluang ekonomi baru, mempercepat distribusi, dan menurunkan biaya logistik.

Hal ini pada akhirnya meningkatkan daya saing nasional dan kesejahteraan masyarakat.

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia Arif Suhartonojuga menekankan, pembangunan infrastruktur transportasi laut yang kuat adalah salah satu kunci dalam mendorong pertumbuhan ekonomi.

Salah satu infrastruktur transportasi yang memiliki peran krusial dalam mengembangkan ekonomi nasional adalah pelabuhan.

"Pelabuhan yang efisien memastikan kelancaran arus barang dan penumpang, yang merupakan tulang punggung perekonomian," katanya.

"Dukungan kami untuk Run Hub 2024 mencerminkan komitmen kami untuk terus berkontribusi dalam pembangunan transportasi yang lebih baik dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Francisca bertha

Terbaru