Mesin Pencari Bing yang Baru Mendapatkan Dukungan AI, Mirip dengan ChatGPT

Kamis, 09 Februari 2023 | 14:40 WIB   Penulis: Arif Budianto
Mesin Pencari Bing yang Baru Mendapatkan Dukungan AI, Mirip dengan ChatGPT

ILUSTRASI. Mesin Pencari Bing yang Baru Mendapatkan Dukungan AI, Mirip dengan ChatGPT


MICROSOFT - Mesin pencari Bing yang baru mendapatkan dukungan AI atau kecerdasan yang mirip dengan ChatGPT. Popularitas ChatGPT nampaknya bakal tren baru teknologi berbasis AI yang disematkan pada mesin pencari yang semakin cerdas dan mempermudah pengguna dalam menemukan jawaban dan informasi yang dibutuhkan,

Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan teknologi telah membantu mempermudah dan meringankan pekerjaan dan kebutuhan manusia. Begitu pula dengan perkembangan Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan yang semakin kesini memudahkan manusia untuk menemukan solusi yang problematik.

Sekedar informasi tambahan, dikutip dari Amazon, Kecerdasan Buatan (AI) adalah bidang ilmu komputer yang dikhususkan untuk memecahkan masalah kognitif yang umumnya terkait dengan kecerdasan manusia, seperti pembelajaran, pemecahan masalah, dan pengenalan pola.

Kecerdasan Buatan juga kerap kali disingkat sebagai "AI", mungkin berkonotasi dengan robotika atau adegan futuristik, seperti Kecerdasan Buatan (AI) mengungguli robot fiksi ilmiah, ke dalam non-fiksi ilmu komputer yang canggih.

Masih berkaitan dengan AI, Microsoft baru-baru ini memperkenalkan Bing yang baru. Yang menarik, Bing yang baru ini telah didukung AI yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan pengguna, baik pendek, panjang atau pun di antaranya.

Agaknya, tidak asing bukan bila Anda sebelumnya mungkin telah menjajal ChatGPT yang memiliki fitur dan teknologi serupa. 

Jadi, apa itu Bing yang baru dan fitur AI yang telah diperkenalkan Microsoft baru-baru ini? Yuk simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Mengenal Twitter Blue dan Fitur yang Ditawarkan, Berapa Biaya Langganan di Indonesia?

Tentang mesin pencari Bing yang baru

Bing baru

Sama seperti Google, Bing adalah mesin pencari yang diciptakan oleh Microsoft. Mesin pencari ini menjadi opsi default bagi pengguna browser Microsoft Edge apabila belum merubahnya sejak awal menggunakan aplikasi tersebut.

Dengan peningkatan Bing yang baru ini telah didukung AI. Seperti yang dikutip dari laman resmi FAQ Bing, pengguna seperti memiliki asisten riset, perencana pribadi dan mitra kreatif setiap kali mencari di web.

Berikut ini fitur yang ditawarkan Bing dengan kemampuan AI yang baru ini:

  • Ajukan pertanyaan yang sebenarnya. Ketika Anda mengajukan pertanyaan kompleks, Bing juga akan memberikan balasan atau jawaban yang terperinci.
  • Dapatkan jawaban aktual. Bing melihat hasil pencarian di seluruh web untuk menawarkan jawaban ringkasan kepada Anda.
  • Jadilah kreatif. Ketika Anda memerlukan inspirasi, Bing dapat membantu Anda menulis puisi, cerita, atau bahkan berbagi ide untuk sebuah proyek.

Lalu, bagaimana cara menggunakan Bing yang didukung AI ini?

Baca Juga: Freefireind 2022 Com Situs Lucky Spin Free Fire Reward Skin Gratis? Ini Penjelasannya

Cara menggunakan Bing AI:

  1. Ajukan pertanyaan seolah-olah Anda berbicara dengan seseorang. Ini berarti termasuk detail, meminta klarifikasi atau informasi lebih lanjut, dan memberi tahu Bing bagaimana hal itu dapat leih membantu Anda. Ini contoh pertanyaan yang dapat Anda ajukan saat menggunakan Bing AI: "Saya merencanakan perjalanan dengan teman-teman saya pada bulan September. Pantai apa yang bisa dicapai dalam 3 jam penerbangan dari London Hearthrow?" Kemudian menindaklanjuti dengan sesuatu seperti, "Apa yang kita lakukan ketika sampai di sana?"
  2. Tanyakan secara langsung tentang cara berinteraksi dengan Bing. Coba hal-hal seperti:
    • "Apa yang dapat Anda lakukan?"
    • "Dapatkah Anda membantu saya dengan X?"
    • "Apa batasan Anda?"
    • Dengan pernyataan tersebut, Bing akan memberi tahu Anda ketika ada sesuatu yang tidak dapat membantu.
  3. Bing mencoba untuk menjaga jawaban tetap menyenangkan dan faktual, tetapi mengingat masih dalam tahap pratinjau awal, itu masih dapat menunjukkan hasil yang tidak terduga atau tidak akurat berdasarkan konten web yang diringkas.

Itulah beberapa hal menarik seputar Bing baru yang telah didukung AI. Teknologi mengenai AI atau kecerdasan buatan ini semakin menarik, ya! Kita lihat saja mana yang paling diminati pengguna di antara ChatGPT, Google Bard atau Bing yang didukung AI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru