Microsoft pensiunkan browser Internet Explorer di Windows 10 mulai tahun 2022

Kamis, 20 Mei 2021 | 11:08 WIB   Penulis: Arif Budianto
Microsoft pensiunkan browser Internet Explorer di Windows 10 mulai tahun 2022

ILUSTRASI. Microsoft pensiunkan browser Internet Explorer di Windows 10 mulai tahun 2022

KONTAN.CO.ID - Microsoft segera pensiunkan browser bawaan Windows 10, yakni Internet Explorer mulai tahun 2022 mendatang. Dianggap sudah usang, Microsoft menyarankan supaya berpindah dari Internet Explorer ke Microsoft Edge yang lebih baru.

Siapa yang tidak kenal dengan Internet Explorer? Browser yang satu ini kerap kali Anda temui di laptop atau komputer dengan sistem operasi (OS) Windows.

Apabila Anda masih menggunakan browser yang satu ini, ada kabar buruk yang menimpa Anda. Baru-baru ini Microsoft mengumumkan bahwa segera pensiunkan Internet Explorer mulai tahun 2022 mendatang.

Melalui blog resmi Windows, Microsoft mengumumkan masa depan dari Internet Exlporer di Windows 10. Bersamaan dengan itu, Microsoft juga mengumumkan road map terkait pensiunnya Internet Explorer di Windows 10.

Penutupan aplikasi browser Internet Explorer di Windows 10

Tanggal 19 Mei 2021, Microsoft mengumumkan segera pensiunkan Internet Explorer 11. Disusul, tanggal 17 Agustus 2021 mendatang, dukungan Microsoft 365 dan aplikasi lainnya di Internet Explorer 11 bakal dihentikan.

Dan terakhir, tepat tanggal 15 Juni 2022, Internet Explorer 11 resmi pensiun dari Windows 10.

Salah satu alasan mengapa Microsoft pensiunkan Internet Explorer 11 adalah karena browser Microsoft Edge dianggap sudah memumpuni. Terlebih, MIcrosoft Edge juga mempunyai segudang fitur yang disempurnakan dari Internet Explorer.

Soal kompabilitas, Microsoft Edge juga memiliki mode khusus Internet Explorer ("IE mode"), jadi masih bisa mengakses situs atau website yang masih mengusung teknologi lawas.

Dengan keputusan yang diambil terkait pensiunkan Internet Explorer, Microsoft merekomendasikan penggunanya supaya melakukan transisi ke Microsoft Edge sebelum 15 Juni 2022. Menurut Microsoft, Microsoft Edge menghadirkan pengalaman browsing yang lebih modern, aman dan cepat.

Apakah Anda ingin menjajal Microsoft Edge? Browser terbaru besutan Microsoft ini bisa Anda download lewat link berikut ini.

Selanjutnya: Bukan hanya Google Pixel, ini daftar perangkat yang kebagian Android 12 Beta

Editor: Arif Budianto
Terbaru