Gadget

Microsoft rombak tampilan Start Menu Windows 10 lebih fresh lewat update Oktober 2020

Rabu, 21 Oktober 2020 | 11:31 WIB   Penulis: Arif Budianto
Microsoft rombak tampilan Start Menu Windows 10 lebih fresh lewat update Oktober 2020

ILUSTRASI. Microsoft rombak tampilan Start Menu Windows 10 lebih fresh lewat update Oktober 2020


KONTAN.CO.ID - Microsoft luncurkan update terbaru Windows 10 versi Oktober 2020. Cukup menarik, Microsoft merombak tampilan Start Menu Windows 10 jadi lebih segar lewat update terbarunya ini.

Windows 10 memang menghadirkan penampilan yang cantik sebagai sistem operasi (OS) keluaran terbaru Microsoft. 

Pertama kali diluncurkan tahun 2015, Windows 10 kembali menghadirkan fitur khas Windows yakni Start Menu.

Start Menu ini sempat ditinggalkan oleh Windows 8 yang menampilkan deretan aplikasi penuh satu layar. Seperti menggunakan tablet dalam layar yang besar.

Hal tersebut tampaknya tidak begitu disukai sebagian pengguna Windows, setelah itu mereka memperbaiki dan meluncurkan Windows 8.1.

Akhirnya di Windows 8.1 Microsoft kembali menyematkan tombol Start Menu. 

Seiring dengan berjalannya waktu, Microsoft menyempurnakan Windows 8.1 lewat OS Windows 10 yang cukup banyak digunakan saat ini.

Penampilan Windows 10 juga semakin cantik dengan tampian Start Menu yang disematkan. Melalui update terbarunya di bulan Oktober 2020, Microsoft rombak penampilan Start Menu Windows 10 menjadi lebih fresh.

Mengutip dari blog resmi Windows, Microsoft menyajikan sederet perubahan Windows 10 lewat update di bulan Oktober 2020 ini.

Tampilan Start Menu Windows 10 pada Update Oktober 2020

Salah satunya yang paling kentara yakni perubahan tampilan Start Menu yang terlihat lebih segar dan cantik. Lewat sebuah trailer pendek yang diperlihatkan, penampakan background aplikasi di Start Menu kini warnanya mengikuti desktop.

Sepertinya mereka menyematkan efek transparan pada tampilan Start Menu baru ini, sehingga bisa menyesuaikan background desktop.

Selain itu, Microsoft juga berfokus pada browser bawaan Microsoft Edge yang kini memiliki shortcut yang mempermudah saat browsing.

Jika kalian sering menggunakan kombinasi tombol "Alt+Tab" untuk berpindah aplikasi, kombinasi tombol tersebut juga bisa digunakan di Microsoft Edge.

Ketika menggunakan kombinasi Alt+Tab di Microsoft Edge kalian bisa berpindah tab yang sedang dikunjungi. Lebih cepat dan efisien, kalian tidak perlu lagi klik tab untuk berpindah ke situs yang kalian kunjungi ketika browsing.

Selain itu, Microsoft juga menyesuaikan fungsi Windows 10 ketika digunakan sebagai tablet. Fitur ini mempermudah pengguna laptop 2 in 1 yang bisa digunakan sebagai laptop sekaligus tablet.

Baca Juga: Catat, Microsoft setop dukungan Microsoft Office 2010 dan 2016 di Macbook

Kalian bisa melihat ringkasan update Windows 10 bulan Oktober 2020 ini lewat video di bawah ini:

Kemungkinan sebagian pengguna Windows 10 bisa mendapatkan update terbaru ini beberapa waktu ke depan. Selalu cek menu update Windows untuk memastikan update terbaru sudah meluncur atau belum.

Selanjutnya: Microsoft paksa beberapa user Windows 10 instal aplikasi tak diinginkan, kenapa?

 

Editor: Arif Budianto


Terbaru