Minecraft Pocket Edition, Berikut Penjelasan dan Perbedaan dengan Versi PC

Sabtu, 21 Januari 2023 | 06:37 WIB   Penulis: Arif Budianto
Minecraft Pocket Edition, Berikut Penjelasan dan Perbedaan dengan Versi PC

ILUSTRASI. Minecraft Pocket Edition, Berikut Penjelasan dan Perbedaan dengan Versi PC


KONTAN.CO.ID - Minecraft Pocket Edition, berikut penjelasan dan perbedaan dengan versi PC. Sesuai dengan namanya, Minecraft Pocket Edition ini pada dasarnya dirilis untuk perangkat mobile, seperti HP Android dan iOS yang dapat dimainkan di mana pun dan kapan pun.

Mungkin beberapa orang tidak asing atau pernah mendengar sebuah game yang berjudul Minecraft. Game berjudul Minecraft ini begitu populer, baik di kalangan gamers yang masih anak-anak hingga mereka yang sudah dewasa sekali pun.

Dalam game Minecraft ini, pemain dapat dengan bebas menjelajahi dunia yang luas dengan beragam sumber daya atau resources hingga makhluk-makhluk lainnya yang dapat ditemukan.

Pemain dapat membangun apa saja yang diinginkan, hingga menyiapkan perlengkapan lainnya untuk bertahan hidup di dunia Minecraft ini. Pemain juga dapat berkreasi sebebas mungkin, membangun rumah atau bahkan membuat dunia yang mereka inginkan.

Seru, bukan? Seperti yang kita ketahui, Minecraft ini terdiri dari beberapa versi dan juga dapat dimainkan lewat beragam platform, misalnya PC, mobile (Android/iOS) dan konsol.

Bagi Anda yang memainkan Minecraft di perangkat mobile, mungkin tidak asing dengan Minecraft Pocket Edition. Mau tahu tentang Minecraft Pocket Edition dan perbedaan dengan versi PC-nya?

Yuk simak pembahasan menarik ini tentang Minecraft Pocket Editino dan perbedaannya dengan versi PC.

Baca Juga: Kumpulan Cheat GTA 5 PS3, PS4, PS5, Lengkap dengan Penjelasan Bahasa Indonesia

Tentang Minecraft Pocket Edition

Minecraft Pocket Edition

Dilansir dari minecraft.fandom, Minecraft Pocket Edition (MCPE atau PE) merupakan judul yang digunakan sebelum Minecraft Bedrock Edition yang dikembangkan oleh Mojang Studios untuk perangkat mobile sebelum versi 1.2.0.

Minecraft Pocket Edition juga memperkenalkan Bedrock Engine, yang kemudian diboyong ke platform non-mobile sebagai empat edisi Minecraft lainnya, yakni Minecraft Windows 10 Edition, Gear VR Edition, Apple TV Edition dan Fire TV Edition.

Seiring berjalannya waktu, pembaruan atau Minecraft Edition menghapus sub judul "Edition" dan menggunakan nama resmi hanya Minecraft.

Sedikit menengok ke belakang, Minecraft Pocket Edition awalnya diluncurkan secara ekslusif untuk HP Xperia Play yang tersedia di Google Play Store yang dibanderol dengan harga $6,99 USD pada tahun 2011. Kemudian, Minecraft Pocket Edition ini akhirnya mendarat untuk HP Android secara umum, disusul dengan versi iOS.

Bila Anda mungkin sudah terbiasa bermain Minecraft di PC dan berencana menjajal Minecraft Pocket Edition, apa si perbedaan dengan versi tersebut?

Baca Juga: Cara Membuat Nama Spasi Kosong FF Terbaru 2023, Bisa Copy Paste dengan Mudah

Perbedaan Minecraft Pocket Edition dan Minecraft Java di PC

Masih melansir dari sumber yang sama, perbedaan Minecraft Pocket Edition dan Minecraft versi Java di PC lebih ditonjolkan pada fitur multiplayer.

Berikut 4 cara pemain untuk terhubung ke multiplayer Minecraft Pocket Edition:

  1. Melalui LAN, memungkinkan 5 pemain bergabung dalam satu world yang sama.
  2. Melalui Pocket Realms, sayangnya ini telah ditutup pada versi 0.7.6 dan sekarang yang baru tersedia di Alpha v.015.0.
  3. Melalui server eksternal buatan pengguna atau player yang lainnya.
  4. Melalui Xbox Live.

Secara umum, Minecraft Pocket Edition dan Java yang ada di PC tidak terlalu signifikan, selain kontrol yang sepenuhnya menggunakan layar sentuh. 

Anda dapat menikmati pengalaman bermain Minecraft Pocket Edition layaknya di versi lain yang tersedia di perangkat lainnya.

Demikian pembahasan menarik seputar Minecraft Pocket Edition, semoga dapat membantu Anda menentukan versi mana yang cocok untuk dimainkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru