MIUI 14: Jadwal Rilis, Fitur dan Daftar HP Xiaomi yang Mendukung Update

Kamis, 15 Desember 2022 | 13:07 WIB   Penulis: Arif Budianto
MIUI 14: Jadwal Rilis, Fitur dan Daftar HP Xiaomi yang Mendukung Update

ILUSTRASI. MIUI 14: Jadwal Rilis, Fitur dan Daftar HP Xiaomi yang Mendukung Update


XIAOMI - MIUI 14: Jadwal rilis, fitur dan daftar HP Xiaomi yang mendukung update versi terbaru ini. Beberapa waktu lalu Xiaomi akhirnya mengumumkan informasi terbaru seputar MIUI 14, termasuk fitur, jadwal rilis dan deretan model HP Xiaomi yang mendukung update terbaru ini.

Belum lama ini, Xiaomi akhirnya mengumumkan MIUI 14 bersamaan dengan sederet gawai terbarunya, termasuk Xiaomi 13 yang menjadi flagship terbaru untuk ponsel pintar keluaran mereka. Kehadiran Xiaomi 13 ini nantinya bakal menggunakan MIUI 14 yang merupakan versi terbaru, di mana update ini juga bakal tersedia untuk beberapa model HP Xiaomi lainnya.

Dilansir dari GSM Arena, MIUI 14 ini merupakan interface atau antarmuka terbaru yang berbasis Android 13. Pihak Xiaomi mengatakan bahwa MIUI 13 merupakan yang dioptimalkan dan disederhanakan saat ini dan dimulai dengan Project Razor.

Tim di balik MIUI 14 telah memperbarui arsitektur sistem pada tingkat Kernel Android dengan CPU, GPU, dan penjadwalan sumber daya memori, ukuran firmware sistem yang lebih ringan, dan pengurangan penggunaan memori.

Bahkan, Xiaomi juga mengkalim bahwa MIUI 14 berjalan 60% lebih lancar dibandingkan pendahulunya pada Xiaomi 12S Ultra.

Bicara tentang MIUI 14, apa saja si fitur-fiturnya? Yuk simak penjelasan fitur MIUI 14 berikut ini.

Baca Juga: MIUI 14 Resmi Diperkenalkan, Ini Daftar HP XIaomi yang Dapat Update Batch Pertama

Fitur MIUI 14

Tampilan MIUI 14

Masih dilansir dari sumber yang sama, MIUI 14 menghadirkan pengoptimalan lainnya, termasuk kopmresi otomatis untuk aplikasi yang jarang digunakan. Bahkan, Anda juga dapat mematikan notifikasi secara permanen apabila merasa terganggu.

Ketika pertama kali menjalankan MIUI 14, hanya ada 8 aplikasi sistem yang tidak dapat dihapus. Dengan demikian, memori penyimpanan akan lebih ringan dibanding versi sebelumnya.

Desain MIUI 14 juga menampilkan folder yang dapat disesuaikan dengan ikon normal dan besar, serta opsi widget baru dengan berbagai bentuk dan ukuran. Salah satu tambahan baru yang tidak terduga di MIUI 14 adalah widget tanaman dan hewan peliharaan yang menampilkan animasi. 

Tampilan widget ini seperti Tamagotchi yang hidup di layar utama HP Anda.

MIUI 14 juga menghadirkan penggabungan file duplikat dan meningkatkan pengenalan teks dan ekstrasi gambar dari galeri. Sementara dari segi keamanan, privasi juga dirombak dengan enkripsi end-to-end dan pemrosesan data pengguna lokal di perangkat.

Tak berhenti sampai di situ saja, MIUI 14 juga memiliki tampilan baru di pusat kendali yang memungkinkan Anda menetapkan aksesori Xiaomi seperti TWS di antara perankgat Xiaomi lainnya hanya dengan drag and drop.

Fitur ini akan mempermudah ketika Anda menggunakan TWS ke perangkat lain.

MIUI 14 juga menghadirkan fungsi akun keluarga yang baru, memungkinkan pengguna berbagi foto dan layanan langganan cloud hingga 9 orang. Pengguna juga dapat membagikan data pelacakan kesehatan dari jam tangan pintar yang digunakan oleh anggota keluarga.

Update MIUI 14 tidak hanya menghadirkan fitur yang berguna bagi pengguna HP Xiaomi saja, bagi pengguna yang menggunakan tablet juga mendapatkan fitur yang mempermudah ketika menggunakan keyboard dan mouse tambahan. 

Menurut Anda, fitur mana yang paling Anda nantikan di MIUI 14 ini? Tentunya tampilan baru dari segi widget dan folder MIUI 14 ini bakal menghadirkan sesuatu yang fresh bagi pengguna HP Xiaomi.

Setelah mengetahui fitur baru MIUI 14 ini, kira-kira kapan update tersebut bakal diluncurkan? Simak jadwal rilis MIUI 14 berikut ini, lengkap dengan daftar HP Xiaomi yang mendukung.

Baca Juga: Fitur Baru Instagram: Penjelasan dan Cara Membuat Note IG lewat HP Android & iPhone

Jadwal Rilis MIUI 14 dan Daftar HP Xiaomi yang mendukung update

Seperti yang dikatakan sebelumnya, MIUI 14 bakal rilis untuk pertama kalinya di flagship Xiaomi 13 series yang dikabarkan meluncur di China pada 14 Desember 2022. Sementara itu, model HP Xiaomi lainnya juga masih berkesempatan menjajal update MIUI 14 yang saat ini baru diumumkan peluncurannya untuk wilayah China.

Berikut ini daftar HP Xiaomi yang mendapatkan update MIUI 14 untuk wilayah China dan jadwal rilisnya.

Januari 2023:

  • Xiaomi 12S Ultra
  • Xiaomi 12S Pro
  • XIaomi 12S
  • Xiaomi 12 Pro
  • Xiaomi 12 Pro Dimensity Edition
  • XIaomi 12
  • XIaomi Mix Fold 2
  • Redmi K50
  • Redmi K50 Pro
  • Redmi K50 Ultra
  • Redmi K50 Gaming Edition

April 2023:

  • Xiaomi Pad 5 Pro 12.4
  • Xiaomi Pad 5 Pro
  • Xiaomi Pad 5
  • Redmi Pad

Itulah deretan informasi mengenai MIUI 14 yang terbaru. Sayangnya, belum ada informasi lebih lanjut mengenai peluncuran MIUI 14 di luar China.

Namun demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa MIUI 14 ini juga bakal tersedia di seluruh penjuru dunia seperti peluncuran versi sebelumnya.

Bagaimana menurut Anda? Apakah MIUI 14 ini menarik untuk dinantikan? Dan apa fitur-fitur yang paling Anda nantikan ketika HP Xiaomi yang Anda gunakan mendapatkan update MIUI 14 ini?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru