MIUI bakal kedatangan Pure Mode, dapat memblokir APK tak resmi diluar Play Store

Kamis, 09 September 2021 | 11:42 WIB Sumber: Phone Arena
MIUI bakal kedatangan Pure Mode, dapat memblokir APK tak resmi diluar Play Store

ILUSTRASI. MIUI bakal kedatangan Pure Mode, dapat memblokir APK tak resmi diluar Play Store


XIAOMI - MIUI bakal kedatangan Pure Mode, fitur baru ini bakal meningkatkan tingkat keamanan HP Xiaomi. Pure Mode dapat memblokir APK tidak resmi yang beredar di luar Google Play Store.

Seperti yang kita ketahui, MIUI merupakan custom UI (User Interface) bawaan HP Xiaomi. Hampir kebanyakan HP rilisan Xiaomi menggunakan sistem operasi Android yang dibungkus dengan kulit luar MIUI.

Bukan hanya sekedar mengubah tampilan Android dengan gaya khas Xiaomi, MIUI juga hadir dengan beberapa fitur menarik. Salah satunya yakni kehadiran aplikasi Mi Remote, aplikasi bawaan HP Xiaomi yang dapat merubah HP menjadi remot TV, AC dan beberapa barang elektronik lainnya.

Berbicara tentang MIUI, baru-baru ini terdengar kabar bahwa Xiaomi bakal menghadirkan Pure Mode. Apa itu Pure Mode?

Ini merupakan mode khusus yang bila diaktifkan dapat meningkatkan keamanan HP Xiaomi yang Anda gunakan. Ketika mode tersebut aktif APK tak resmi yang tidak tersedia di Google Play Store akan diblokir.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir apabila setelah berselancar atau browsing di internet tiba-tiba terpasang aplikasi mencurigakan yang tidak Anda ketahui dari mana asalnya.

Hadirnya Pure Mode ini juga mengurangi resiko masuknya malware yang tidak sengaja diunduh.

Terlepas dari semua itu, apabila Anda masih ingin memasang aplikasi diluar Play Store yang sekiranya aman, Anda bisa mematikan Pure Mode. Ya, mode tersebut bisa diaktifkan atau dinonaktifkan sesuai dengan keinginan pengguna.

Ilustrasi keamanan android

Baca Juga: WhatsApp tambahkan opsi baru Last Seen, bisa disembunyikan dari kontak tertentu

Mengutip dari PhoneArena, Xiaomi melaporkan bahwa dari semua APK yang diunduh ke perangkat Xiaomi setiap hari, 40% tidak melalui pemerikasaan keamanan apa pun.

Dan 10% diantaranya diidentifikasi sebagai aplikasi beresiko oleh audit keamanan Xiaomi. 

Sayangnya Pure Mode ini belum tersedia untuk semua pengguna HP Xiaomi. Mode ini akan tersedia untuk pengguna HP Xiaomi di negeri tirai bambu hingga tanggal 10 September mendatang untuk pengujian beta.

Dalam laporan XDA Developers, setiap hari akan diluncurkan ke 1.000 pengguna HP Xiaomi di China selama tahap beta berlangsung.

Setelah periode pengujian beta berakhir, kemungkinan Pure Mode ini akan mendapatkan pembaruan serta bakal tersedia untuk pengguna HP Xiaomi di seluruh dunia.

Selanjutnya: MIUI 12.5 Enhanced rilis, ini jadwal dan daftar HP Xiaomi yang kebagian update

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru