Moonton dan Garudaku Akademi Bekali Siswa yang Ingin Terjun ke Esports

Jumat, 18 November 2022 | 14:59 WIB   Reporter: Ahmad Febrian
Moonton dan Garudaku Akademi Bekali Siswa yang Ingin Terjun ke Esports

ILUSTRASI. Hero terbaru Mobile Legends?yang bernama Joy.


ESPORTS - JAKARTA.  Perkembangan industri esports semakin pesat. Menurut data Global Games Market Report 2021, Indonesia menempati posisi 17 pasar gim terbesar dengan pertumbuhan yang sangat cepat.

Data ini diperkuat di Indonesia Esports Industry Outlook 2021. Menurut Data dari Evos Esports (salah satu tim esports terbesar di Indonesia)  dari total 274,5 juta gamers di Asia Tenggara, Indonesia berkontribusi sekitar 43% terhadap jumlah total tersebut.  Indonesia juga menyumbang pendapatan terbesar senilai US$ 2,08 miliar atau sekitar Rp 30 triliun.

Tingginya jumlah gamers dan jumlah pendapatan ini menjadi indikasi,  industri esports memiliki potensi  cukup besar di Indonesia. Namun sayang, industri esports Indonesia memiliki rintangan. Seperti  perlunya akses internet dan setidaknya telepon genggam untuk  bisa mendukung ekosistem ini.

Baca Juga: Penjualan Video Game Global Anjlok pada Tahun 2022

Dan Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan bahwa masih ada 108 juta orang yang belum tersentuh ponsel pintar, terutama di daerah pedesaan.

Maka, Moonton Games menggandeng Garudaku Akademi meluncurkan program Moonton Cares, Membina Sang Legenda. "Ada 210 siswa dari tujuh sekolah di Jawa Timur, yang tergabung dalam program kolaborasi Moonton Cares dan Garudaku Akademi. Kami  mengenalkan berbagai program untuk pembekalan para siswa yang mempunyai minat terjun ke industri esports," ujar Azwin Nugraha, Public Relations & Communications Manager Moonton Indonesia, dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Jumat (18/11). 

Moonton akan membukakan akses digital dengan memberikan donasi smartphone ke sekolah-sekolah. "Harapannya, agar siswa juga dapat langsung mempraktikan penggunaan telepon pintar dan bukan cuma belajar soal teori sehingga bisa langsung diimplementasikan di dunia nyata, khususnya pendidikan," tambah Azwin.

Sejak 2018, Moonton Games telah melahirkan ratusan atlet esports yang telah berkompetisi di level profesional Mobile Legends: Bang Bang Professional League (MPL) Indonesia dan juga Mobile Legends: Bang Bang Development League Indonesia. 

Baca Juga: Lengkap Sudah, Berikut Daftar Tim Mobile Legends yang Lolos M4 World Championship

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ahmad Febrian

Terbaru