MPL S12 Berakhir, Inilah 4 Turnamen Mobile Legends Wajib Anda Nantikan!

Selasa, 17 Oktober 2023 | 14:28 WIB   Penulis: Arif Budianto
MPL S12 Berakhir, Inilah 4 Turnamen Mobile Legends Wajib Anda Nantikan!

ILUSTRASI. MPL S12 Berakhir, Inilah 4 Turnamen Mobile Legends Wajib Anda Nantikan!


Turnamen Mobile Legends - MPL ID Season 12 berakhir, inilah 4 turnamen Mobile Legends wajib Anda nantikan! Usai MPL S12 berakhir, masih ada beberapa turnamen Mobile Legends yang seru dan menarik untuk diikuti mulai dari Liga Esports Nasional, Piala Presiden, MPLI 2023 hingga M5 World Championship.

Scene esports Mobile Legends di Tanah Air bisa dikatakan berkembang begitu pesat didukung dengan banyaknya peminat dari berbagai kalangan. Mulai dari pelajar, mereka yang bekerja dan hobi main game hingga para pro player yang berkecimpung di industri esports.

Usai MPL Indonesia Season 12 berakhir, bukan berarti tontonan esports Mobile Legends berakhir begitu saja. Masih ada beberapa pertandingan esports atau turnamen yang menanti, khususnya untuk Mobile Legends: Bang Bang (MLBB).

Penasaran turnamen esports MLBB apa saja yang masih berlangsung setelah MPL S12 berakhir? Yuk simak pembahasan turnamen esports Mobile Legends yang wajib Anda nantikan pasca MPL S12.

Baca Juga: Juara MPL S12 Onic! Sang Raja Langit Kembali jadi Raja Galaxy, Kalahkan Geek Fam 4-2

1. Piala Presiden Esports 2023


Piala Presiden Esports 2023

Piala Prespiden Esports menjadi salah satu turnamen esports Mobile Legends yang rutin digelar hampir setiap tahun. Turnamen MLBB yang diselenggarakan oleh IESPL oleh Kincir ini mempertemukan tim dari beberapa daerah hingga papan atas lewat jalur kualifikasi tertentu.

Tidak hanya mempertandingan tim esports MLBB laki-laki saja, Piala Presiden Esports 2023 juga menampilkan laga seru antar tim MLBB wanita.

Keseruan Piala Presiden Esports 2023 sebagai turnamen Mobile Legends yang wajib dinantikan ini akan kembali di Main Event yang bergulir mulai tanggal 21 Oktober 2023.

2. Liga Esports Nasional 2023

Liga Esports Nasional (LEN) merupakan turnamen Mobile Legends dengan liga yang menggunakan sistem promosi dan degradasi. Terdiri dari Liga 3, Liga 2 dan Liga 1, tim yang berpartisipasi di turnamen LEN ini bisa mendapatkan promosi ke tingkat liga yang lebih tinggi jika performanya baik atau justru turun kalau performanya buruk.

Turnamen Mobile Legends ini diselenggarakan oleh Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) berkolaborasi dengan Garudaku.com sebagai operator resmi dalam penyelenggara kompetisi ini.

Selain menjadi tontonan esports yang wajib diikuti, LEN 2023 juga menjadi wadah bagi tim-tim yang berasal dari daerah untuk berkompetisi di scene esports Tanah Air.

LEN 2023 juga menghadirkan format pertandingan yang unik, di mana akan diselenggarakan di beberapa daerah sebelum memasuki babak Grand Final.

3. MPLI 2023

Selain turnamen MLBB dalam negeri, pertandingan esports Mobile Legends yang akan digelar selanjutnya adalah MPLI. Kepanjangannya adalah MPL Invitational 2023 yang diselenggarakan oleh One Esports dan Moonton.

Sesuai dengan namanya, MPLI 2023 akan mengundang beberapa tim yang berpartisipasi di ajang MPL beberapa regional serta tim yang lolos kualifikasi.

Tidak terbatas di wilayah Asia Tenggara, kali ini MPLI 2023 akan mendatangkan tim dari NACT Fall 2023 dari Amerika Serikat dan satu tim lagi yang merupakan perwakilan dari negeri Tirai Bambu.

Dari Indonesia sendiri mengirmkan 6 tim perwakilan yang lolos babak Playoff MPL S12. Mereka akan menghadapi 10 tim lain dari perwakilan region serta yang lolos kualifikasi.

Baca Juga: Kode Redeem ML (Mobile Legends) Terbaru Oktober 2023 dan Link Klaim Code Exchange

4. M5 World Championship 

Filipina menjadi tuan rumah M5 World Championship Mobile Legends

M5 World Championship merupakan puncaknya pertandingan esports Mobile Legends. Tim-tim profesional Mobile Legends di seluruh dunia punya impian untuk mengikuti turnamen M Series.

Pertandingan Mobile Legends M5 World Championship tahun ini akan diselenggarakan di Filipina. 

Tak jauh berbeda dengan M Series tahun sebelumnya, M5 World Championship akan mempertemukan dua tim terbaik yang berhasil lolos babak Grand Final MPL masing-masing region serta kualifikasi yang akan diselenggarakan di beberapa wilayah.

Bakal lebih seru dan menantang, M5 World Championship kedatangan kontestan baru dari Negeri Tirai Bambu.

Perwakilan Indonesia adalah Onic sang juara MPL S12 dan Geek Fam yang menjadi runner up.

Pertandingan esports Mobile Legends M5 World Championship akan digelar mulai tanggal 23 November 2023 dimulai dari babak Wild Card.

Itulah pembahasan menarik seputar turnamen esports Mobile Legends pasca MPL S12 yang wajib diikuti. Kira-kira pertandingan esports MLBB mana yang paling Anda nantikan selanjutnya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru