Negara Curacao, Calon Lawan Timnas Senior yang Peringkat FIFA Jauh di Atas Indonesia

Kamis, 21 Juli 2022 | 20:27 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
Negara Curacao, Calon Lawan Timnas Senior yang Peringkat FIFA Jauh di Atas Indonesia

ILUSTRASI. Negara Curacao, Calon Lawan Timnas Senior yang Peringkat FIFA Jauh di Atas Indonesia. ANTARA FOTO/Flona Hakim.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Timnas sepakbola Indonesia senior berencana menggelar uji coba dengan negara Curacao dalam FIFA matchday pada September nanti. Bukan tim sembarangan, peringkat FIFA Curacao jauh di atas Indonesia. 

Saat ini, PSSI sedang menjajaki untuk melakukan pertandingan uji coba Timnas Indonesia senior dengan negara Curacao. Rencananya, pertandingan FIFA matchday itu akan berlangsung di Indonesia pada September nanti.

Tapi, "Ada kendala. Sebab sebagian pemain dan ofisial Curacao belum melakukan vaksin. Padahal, salah satu syarat untuk masuk Indonesia harus sudah vaksin," kata Direktur Teknik Indra Sjafri, dikutip dari laman PSSI, Kamis (21/7).

Timnas negara Curacao saat ini berada di ranking 84 dunia dalam daftar FIFA, jauh di atas Indonesia yang menduduki peringkat 155. Bahkan, Curacao pernah nangkring di peringkat 68 FIFA.

Baca Juga: FIFA Matchday, PSSI Jajaki Uji Coba Timnas Senior Kontra Negara Curacao

Mengutip Wikipedia, negara Curacao terletak di Laut Karibia yang mencakup pulau utama Curacao dan Pulau Klein Curacao atau Curacao Kecil yang tidak berpenghuni. Curacao merupakan salah satu negara konstituen Kerajaan Belanda. 

Ibu kota Curacao adalah Willemstad. Negara yang terletak di wilayah Amerika ini hanya memiliki luas 444 kilometer persegi, dengan jumlah penduduk 152.760 berdasarkan hasil Sensus Penduduk pada 2013 lalu.

Kekayaan alam yang ada di Curacao hanyalah fosfat. Sementara pariwisata, penyulingan minyak bumi, dan keuangan lepas pantai adalah andalan dari Curacao yang terkait erat dengan dunia luar. 

Infrastruktur di Curacao berkembang dengan baik dibanding negara-negara Kepulauan Karibia lainnya. Curacao memiliki pelabuhan yang bisa menampung kapal tanker minyak raksasa. Dan, perusahaan minyak negara Venezuela menyewa kilang di Curacao.

Baca Juga: Jadwal Liga 1 2022/2023: Pekan Pertama Ada PSIS Semarang VS RANS Nusantara

Meski negara kecil, timnas sepak bola Curacao tak boleh dipandang sebelah mata. Buktinya, mengutip SoccerWay, dalam pertandingan uji coba pada 9 Oktober 2021 lalu, Curacao berhasil menekuk Selandia Baru dengan skor 2-1.

Lalu, dalam CONCACAF Nations League tahun ini, Curacao yang saat ini di bawah asuhan pelatih A. Langeler sempat menahan imbang Kosta Rika 0-0 di pertandingan pertama, meski kalah tipis 1-2 dalam match kedua.

Tim berjulukan La Familia Azul atau La Pantera Negra atawa La Pantera Azul ini mengalahkan Honduras di pertandingan kedua CONCACAF Nations League dengan skor 2-1, setelah kalah 0-1 pada match pertama.

Para pemain Timnas Curacao kebanyakan merumput di Eropa, seperti Belanda dan Inggris. Misalnya, Leandro Jones Johan, pemain gelandang ini bermain di Cardiff City dan sempat membela Aston Villa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru