HOME

Nike depak New Balance jadi aparel resmi Liverpool FC

Selasa, 07 Januari 2020 | 17:25 WIB   Reporter: Markus Sumartomdjon
Nike depak New Balance jadi aparel resmi Liverpool FC

ILUSTRASI. Selebrasi pemain Liverpool di stadium Anfield, Liverpool pada 4 Desember 2019.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Liverpool FC akhirnya resmi meneken kontrak dengan Nike sebagai sponsor utama aparel klub mulai 1 Juni 2020 nanti. 

Gong pengumuman tersebut terjadi setelah klub berjuluk The Reds tersebut memenangkan sengketa perpanjangan aparel klub dengan New Balance di pengadilan niaga setempat yang sekarang masih menjadi aparel resmi klub. 

Nanti, salah satu produsen aparel terbesar asal Amerika Serikat ini bakal memasok aparel para pemain Liverpool, baik itu saat laga pertandingan, latihan atau saat pelesiran. 

Baca Juga: Kapasitas Anfield bakal diperbesar hingga 61.000 tempat duduk

Billy Hogan, Managing Director Liverpool FC menyambut baik kerjasama tersebut. "Kerjasama ini bisa memperluas fanbase Liverpool," katanya seperti dilansir Liverpool FC.

Baca Juga: Adu gocek Nike, Adidas dan Puma

Maklum, kerjasama dengan New Balance yang sudah berlangsung sejak 2015 dinilai klub yang baru saja menjuarai FIFA World Club tidak optimal dalam memperluas pasar dan citra klub bola tersebut. Permintaan perpanjangan kontrak yang diajukan oleh New Balance pun tidak diindahkan oleh klub ini lantaran ada tawaran yang lebih menarik yang datang dari Nike.

Baca Juga: Kantongi £ 125 juta, Liverpool jadi klub sepakbola dengan laba terbesar di dunia

Meski begitu, New Balance masih diperbolehkan membuat aparel bagi Liverpool hingga akhir Juni nanti. 

Dengan kesepakatan tersebut, Liverpool bakal mengantongi pendapatan sekitar £ 30 juta per tahunnya. Pendapatan tersebut juga bisa melonjak hingga mencapai £ 70 juta  dari hasil bisnis aparel Liverpool dan lainnya. Ini masih ditambah lagi adanya bonus jika The Reds bisa menambah lagi koleksi piala. Ambil contoh kalau mereka sanggup menjuarai Liga Inggris yang belum pernah dirasakan kembali selama 30 tahun, ada tambahan bonus lumayan sekitar £ 2 juta. Jika sanggup mempertahankan juara Liga Champions, ada bonus £ 4 juta yang menantinya. 

Jelas saja Liverpool kesemsem dengan tawaran dari Nike. Soalnya, kesepakatan yang masih berlangsung dengan New Balance hanya bisa memberi pemasukan ke Liverpool sebesar £ 40 juta saja per tahunnya. 

Namun hasil gemilang yang dihasilkan Liverpool FC masih kalah jauh dengan seteru abadinya, yakni Mancherster United. Bersama Adidas, kesepakatan aparel klub berjuluk Setan Merah tersebut bernilai £ 75 juta per tahun selama 10 tahun sejak 2014.


Dukungan dari Anda akan menambah semangat kami dalam menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat seperti ini.

Jika berkenan, silakan manfaatkan fasilitas donasi berikut ini.

gopay
Editor: Markus Sumartomjon
Tag
Terbaru