Otomotif

Nissan Indonesia recall All New Livina, ini penyebabnya

Senin, 22 Juni 2020 | 17:30 WIB Sumber: Kompas.com
Nissan Indonesia recall All New Livina, ini penyebabnya

ILUSTRASI. Nissan All New Livina dipamerkan dalam ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019). Tribunnews/Irwan Rismawan

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Senasib dengan saudara kembarnya mobil Xpander, Nissan Indonesia juga recall mobil Nissan All New Livina. Mobil Xpander dan mobil Nissan All New Livina memiliki sistem dan tampang yang hampir sama. Walhasil, akar masalah recall mobil keduanya pun sama, yakni bagian pompa bensin (fuel pump).

PT Nissan Motor Indonesia ( NMI) mengumumkan penarikan kembali atau recall mobil Nissan All New Livina terhadap 9.314 unit Livina produksi 22 Februari 2019 hingga 24 Agustus 2019 di Indonesia. Melalui keterangan tertulis, kampanye perbaikan ini akibat adanya temuan masalah pada bagian pompa bensin (fuel pump) di dalam tangki yang bisa berhenti berkerja sehingga mesin tak bisa dinyalakan.

Baca juga: Rekomendasi baru American Cancer Society untuk cegah kanker: Stop makan makanan in

Kemungkinan besar, penyebabnya ialah impeller yang memuai dan berubah bentuk. Setelah itu, bergesekkan dengan bagian lain di sekitarnya sehingga impeller tadi berhenti berputar.

"Nissan akan menghubungi pemilik kendaraan yang terdampak mulai hari ini, agar pelanggan bisa segera melakukan pemeriksaan dan pergantian di seluruh diler resmi Nissan. Ini tanpa dipungut biaya," ujar General Manager Communication NMI, Hana Maharani, Senin (22/6/2020).

Bagi pemilik mobil Nissan juga dapat mengunjungi www. nissan.co.id untuk mengecek apakah kendaraan miliknya terdampak atau tidak. Sebelumnya, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) juga melakukan recall mobil Xpander sebanyak 139.111 unit yang diproduksi antara 2017 hingga 2019.

Baca juga: Youtuber paling laris Baim Wong juga handal berbisnis, ini daftarnya

Punya platform yang sama, penarikan kembali disebabkan permasalahan serupa, yakni gejala di fuel pump. Adapun estimasi pelaksanaan pemeriksaannya sekitar satu jam per unit, sementara untuk proses pemeriksaan dan perbaikannya sendiri, diperkirakan memakan waktu sekitar dua jam per unit.

(Ruly Kurniawan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Susul Xpander, Nissan Juga Recall 9.000 Unit Livina di Indonesia",

Editor: Adi Wikanto


Terbaru